1. DScovery

Ekspor Adalah: Pengertian, Manfaat dan Proses Pelaksanaanya di Indonesia

Ekspor adalah pergadangan secara internasional yang terjadi antara eksportir dan importir. Kegiatan ini membuka kesempatan terhadap pengembangan bisnis di dalam negara. Yuk lihat bagaimana proses pelaksanaannya!

Ekspor adalah kegiatan dalam perdagangan internasional dimana negara mengirimkan barang produksinya ke luar negeri atas permintaan yang diberikan.

Kegiatan ekspor banyak diketahui sebagai pengiriman produk-produk lokal ke luar negeri, banyak manfaat yang muncul akibat ekspor. Simak penjelasan dibawah ini!

Pengertian Ekspor

Ekspor adalah kegiatan mengirimkan barang ke luar negeri, kegiatan ekspor ini berlangsung karena adanya penawaran dari pihak lain terhadap suatu produk yang terjadi antara pihak eksportir dan importir.

Proses terjadinya ekspor biasanya membutuhkan metode Letter of Credit atau non-L/C, hal ini ditentukan oleh kesepakatan eksportir dan importir mengenai risiko dan keuntungan yang dapat diperoleh kedua pihak.

Manfaat Ekspor

Sebagaimana impor memberikan manfaat pada suatu negara, maka ekspor juga memiliki manfaatnya tersendiri. Kegiatan ekspor bisa dimanfaatkan oleh suatu negara, lembaga atau bahkan perorangan yang berkaitan dengan kesepakatan bisnis antara dua pihak yaitu eksportir dan importir.

Beberapa hal yang menjadi manfaat utama dengan adanya ekspor dalam suatu negara, diantaranya meliputi hal berikut:

  • Meningkatkan Pendapatan Milik Negara

Salah satu hal yang diraih dengan adanya ekspor adalah pendapatan negara yang semakin meningkat. Semakin banyak permintaan yang dibutuhkan oleh pihak importir, maka negara sebagai pihak eksportir akan mendapatkan keuntungan dalam hal pendapatan.

Metode pembayaran ekspor dilakukan dengan devisa negara, yaitu alat pembayaran luar negeri yang diakui sehingga dapat ditukarkan ke dalam uang luar negeri. Tanpa menggunakan metode devisa maka tidak akan terjadi proses pertukaran jual-beli.

  • Meningkatkan ekspansi bisnis di luar negeri

Ekspor juga memiliki potensi untuk meningkatkan ekspansi bisnis lokal berkembang di luar negeri. Melalui ekspor maka para pedagang di negara Indonesia memiliki kesempatan untuk memperkenalkan produk mereka, untuk menarik lebih banyak konsumen dari luar negeri.

Meningkatkan ekspansi bisnis di luar negeri juga akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan industri dalam bidang terkait produk tersebut.

  • Memperkenalkan Brand Lokal dan Kualitas Suatu Negeri Secara Internasional

Kualitas produk suatu negara juga akan diukur melalui produk ekspor tersebut, jika produk yang dikirimkan sesuai dengan kebutuhan konsumen tidak menutup kemungkinan bahwa produk-produk lokal pun akan semakin dilirik dengan penilaian kualitas yang bagus.

Melalui ekspor masyarakat memiliki kesempatan untuk dapat memperkenalkan produk atas nama brand lokal mereka sendiri.

  • Mengembangkan Lapangan Pekerjaan

Jika bisnis ekspor suatu negara mengalami peningkatan dan tanggapan positif, maka akan muncul lebih banyak permintaan. Semakin banyak permintaan maka akan banyak juga tenaga kerja yang diperlukan untuk mencapai target permintaan.

Proses Pelaksanaannya

Berdasarkan peraturan yang disampaikan oleh kementerian perdagangan di Indonesia, maka proses pelaksanaan ekspor membutuhkan beberapa tahapan proses, sebagai berikut:

1.Sales Contract Process

Merupakan surat persetujuan antara pihak penjual dan pembeli untuk tindak lanjut pembelian. Surat ini berisi mengenai persyaratan pembayaran barang meliputi, harga, jumlah, cara pengangkutan produk, pembayaran asuransi dan lainnya.

2.L/C Opening Process

Letter of Credit (L/C) adalah jaminan bagi importir dan eksportir yang berasal dari bank penerbit mengenai pembayaran dan jangka waktu atas penyerahan dokumen yang diminta importir.

Proses ini cukup panjang karena melibatkan proses opening bank untuk melakukan pembayaran sesuai dengan sales contract, dilanjut dengan proses confirmation dari opening bank kepada advising bank dan jika dokumen telah dinyatakan keabsahannya maka eksportir berhak menerima dokumen sebagai surat pengantar.

More Coverage:

3.Cargo Shipment Process

Proses yang dilakukan eksportir untuk menunjukan bahwa barang telah dikirimkan dan dibuktikan melalui dokumen pengapalan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

4.Shipping Document Negotiation Process

Proses dalam ekspor yang bertujuan untuk melakukan klaim atau hak milik atas barang yang telah dibayar oleh importir.

Demikian informasi seputar pengertian, manfaat dan proses kegiatan eksportir berlangsung. Semoga membantu untuk memahami lebih dalam mengenai tahapan bagaimana produk kita terkirim ke luar negeri!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again