Categories

Feature

Elemen Penting dalam Perumusan Produk

Mulai dari riset mengenai kebutuhan pengguna, data industri dan manajer produk yang berkualitas

Prayogo Ryza - 21 July 2016

Tidak mudah menciptakan produk yang bisa langsung cocok dan diterima di pasar. Produk atau layanan harus menjadi solusi yang memecahkan masalah dan kebutuhan dari pelanggan. Pengembangan produk yang baik harus dilakukan dengan riset dan tahapan yang runtut untuk menghasilkan produk yang benar-benar sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Ada beberapa elemen penting dalam riset pengembangan produk. Selain titik permasalahan yang harus diselesaikan, data mengenai pasar tujuan dan beberapa kebiasaan pengguna juga menjadi salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Termasuk di dalamnya nilai tambah apa yang diberikan produk kepada penggunanya. Elemen-elemen ini yang harus menjadi "headline" utama ketika membahas pengembangan produk.

Data-data yang mendukung dalam perancangan produk harus benar-benar luas dan mendalam. Luas dalam arti data pendukung harus bisa menjadi tolak ukur dan perbandingan mengenai visibilitas produk terhadap pengguna. Sedangkan kedalaman data berarti data harus bisa memberikan prediksi mengenai perilaku atau kebiasaan pengguna atau menemukan korelasi yang belum di dapatkan sebelumnya.

Selain mengenai bagaimana data yang bisa memadai untuk produk, memiliki profesional baik alat maupun orang yang berurusan dengan data. Termasuk juga bagaimana perusahaan memilih manajer produk yang sesuai. Manajer produk selain harus memiliki kualitas di industri yang dituju juga harus memiliki keterampilan mengolah dan membaca data. Mungkin tanggung jawab ini bisa dibagi dengan Chief Data Officer (CDO) jika ada. Tetapi kemampuan untuk mampu mengerti data bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri ketika saat membangun produk.

Pada dasarnya menemukan produk terbaik tidak bisa dalam satu atau dua kali melakukan inovasi. Setidaknya dalam peluncuran pertama produk harus punya target pengguna dan permasalahan yang harus diselesaikan, akan menjadi lebih baik jika produk memiliki pembeda dan nilai lebih. Selanjutnya setelah produk benar-benar siap dan sudah dipersiapkan dengan baik tugas berada di pihak pemasaran untuk bagaimana membuat produk benar-benar optimal diterima masyarakat.

--

Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter