Di dunia startup saat ini sudah banyak dikeluhkan sulitnya mencari tenaga kerja yang sesuai dan loyal. Banyak alasan mengapa talenta yang tepat sulit untuk ditemukan oleh startup, mulai dari tidak ada kecocokan dari sisi kultur, jam kerja hingga visi dan misi yang sama dan berbagai alasan lainnya. Apalagi saat ini makin banyak kompetitor yang menawarkan benefit lebih untuk para talenta muda yang berbakat di tanah air. Lantas bagaimana caranya untuk bisa memiliki pegawai startup yang loyal?

Artikel berikut ini akan membahas 4 hal yang wajib diterapkan, agar pegawai terbaik Anda bisa bertahan dan loyal kepada startup.

Kebebasan bekerja

Saat ini terutama di dunia startup, telah memberikan pilihan baru kepada talenta muda. Mulai dari kebebasan untuk bekerja secara remote hingga melakukan kolaborasi dengan memanfaatkan teknologi. Jika startup Anda masih menerapkan cara-cara yang konvensional, mulai dari jam kerja yang harus sesuai, tidak boleh keluar kantor terlalu lama hingga keterbatasan untuk bekerja secara remote, bisa menjadi pemicu pegawai tersebut tidak betah. Koordinasikan cara kerja yang efektif tanpa membatasi pegawai Anda untuk bekerja, dengan demikian pegawai merasa lebih bahagia dan secara otomatis akan menjadi loyal kepada perusahaan.

Berikan penghargaan

Ketika kreativitas dan kontribusi dalam berbagai proyek banyak diterapkan dalam startup, ada baiknya untuk memberi penghargaan atau recognition kepada pegawai tersebut, terutama ketika proyek yang ada memberikan kontribusi yang positif. Sikap sederhana tersebut ternyata mampu untuk memicu lebih besar lagi semangat pegawai, karena merasa dihargai oleh perusahaan.

Promosi pegawai

Supervisor hingga manajer memiliki peranan penting untuk mencermati kemampuan, skill serta prestasi dari bawahan yang ada. Jangan sampai penilaian tersebut menjadi salah sehingga Anda sebagai atasan memberikan rekomendasi hingga promosi kepada pegawai yang tidak sesuai. Jangan terbawa kepada emosi atau segan, ketika waktunya memberikan promosi yang sesuai kepada pegawai.

Pengembangan diri

Saat ini sudah banyak pegawai yang mencari sumber hingga kegiatan di luar kantor dengan tujuan untuk menambah wawasan hingga informasi yang ada terkait dengan pekerjaan. Jika hal tersebut terjadi kepada salah satu pegawai Anda, berikan mereka kebabasan untuk bereksplorasi yang secara langsung bakal berimbas kepada perusahaan.