Event Report: HackNation Featuring Asha Full Touch

Secara berturut-turut di hari Selasa dan Rabu lalu, Merah Putih Incubator dan Nokia Indonesia mengadakan acara HackNation. Di acara ini para pengembang ditantang dalam waktu cukup singkat membuat aplikasi berbasiskan API startups Merah Putih Inc dan berjalan di atas platform S40. S40 merupakan platform yang digunakan oleh jajaran Nokia Asha -- feature phones andalan Nokia. Di pagi harinya, Indonesia mendapatkan kehormatan untuk peluncuran global seri terbaru Asha -- Asha 308 dan 309.

Acara ini diikuti oleh 225 pengembang muda yang berasal dari berbagai kota di pulau Jawa dan Madura. API yang digunakan adalah Mindtalk, Lintas.me, BolaLob, Infokost, DailySocial dan Trenologi. Sebelum acara utama dimulai, para peserta disuguhkan dulu dengan berbagai informasi dan wejangan yang disampaikan oleh petinggi Nokia -- termasuk di dalamnya oleh Martin Chirotarrab, CEO Nokia Indonesia dan Timo Toikkanen, EVP Nokia Corporation -- dan orang-orang di balik startup-startup asuhan Merah Putih Inc. Tak ketinggalan, diberikan pula tips dan trick pembuatan aplikasi dan webapps untuk Nokia Asha yang disajikan oleh Nokia Dev Certified Trainer.

Acara coding competition sendiri dimulai dari jam 22.00 malam hingga siang keesokan harinya. Di antara semua aplikasi, disaring 12 finalis untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Setelah melalui penjurian yang ketat, akhirnya tim SAE yang membuat aplikasi menggunakan API Mindtalk menjadi juara umum dan berhak atas hadiah bernilai total Rp 15 juta. Tim SAE beranggotakan Dadan Ramdan dan Riski Juanda dari Politeknik TEDC Bandung.

Selain tim SAE, terpilih juara masing-masing kategori API, yaitu:

  • DailySocial: Tim Tubbies yang beranggotakan Syifa Afifah Fitriani dan Renisa Suryahadikusumah dari UPI Bandung
  • Trenologi: Tim Enlik yang beranggotakan Enlik Tjioe dari Universitas Gunadarma Depok dan Gugun Guntoro dari IT Telkom Bandung
  • Lintas.me: Tim 1 squaredev yang beranggotakan Dwi Prasetya Sujoko dan Reza Ilmi dari IT Telkom Bandung
  • Infokost: Tim Koteka yang beranggotakan Abdul Qifli Sangadji dari IPB Bogor dan Billy Riantono dari Politeknik Pos Bandung
  • BolaLob: Tim Kamar Biru yang beranggotakan Irsan Gunawan sebagai pengembang independen
  • Mindtalk: Tim Raion Malang yang beranggotakan Hafidz Rozaqi dan Hanas Subakti dari Universitas Brawijaya Malang

Para pemenang tiap kategori juga memperoleh hadiah dengan nilai total Rp 15 juta. Ajang HackNation ini merupakan acara puncak dari sejumlah workshop yang sebelumnya diadakan di Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Malang dan Depok.

Disclosure: DailySocial termasuk startups yang diinkubasi oleh Merah Putih Inc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again