Dukung UKM di Indonesia, Facebook Adakan Facebook Marketing Bootcamp

Dukung UKM di Indonesia, Facebook Adakan Facebook Marketing Bootcamp

Memberikan pelatihan serta pengenalan fitur baru Facebook Pages kepada pelaku UKM
Facebook Marketing Bootcamp digelar di gedung SMESCO untuk membantu UKM / Facebook
Facebook Marketing Bootcamp digelar di gedung SMESCO untuk membantu UKM / Facebook

Saat ini lebih dari satu miliar orang mengunjungi Facebook Pages setiap bulannya, Pages dapat menjadi tempat yang tepat untuk membangun sebuah bisnis dan menjaga eksistensi bisnis tersebut di dunia mobile. Di Indonesia sendiri, 61% pengguna Facebook telah terhubung dengan Pages UKM. Hal inilah yang mendasari digelarnya acara Facebook Marketing Bootcamp. Selama satu hari penuh (22/09), para pelaku bisnis UKM dan komunitas lainnya diundang oleh Facebook untuk menghadiri intensive class di SMESCO Indonesia Exhibition Hall.

“Indonesia adalah negara prioritas utama bagi Facebook dan program ini adalah bagian dari investasi berkelanjutan untuk UKM di Indonesia, para pengembang aplikasi dan jutaan masyarakat Indonesia yang menggunakan Facebook,” kata Head of Small and Business untuk Asia Pasifik di Facebook Andy Hwang.

Turut diundang dalam acara tersebut Walikota Tangerang Arief Wismansyah, Walikota Bogor Bima Arya, Presiden Direktur SMESCO Bambang Heru, Dirjen Aplikasi dan Informatika Ahmad Zabadi dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Saat ini lebih dari 76 juta orang di Indonesia menggunakan Facebook setiap bulannya, hal ini merupakan audience yang potensial untuk UKM yang sedang berusaha mencari pelanggan untuk UKM yang sedang berusaha mencari pelanggan baru, mempererat hubungan dengan pelanggan serta meningkatkan penjualan.

“Bekraf beserta keahlian yang ditawarkan Facebook sangat bisa membantu UKM  untuk menciptakan, membangun dan pada akhirnya melindungi brand serta properti intelektual mereka agar mampu bersaing di tengah kompetisi di pasar ASEAN,” kata Triawan.

Di acara ini sesama pelaku UKM dan para ahli dari Facebook dapat berinteraksi dan belajar lebih mendalam mengenai penggunaan fitur Facebook Pages yang benar. Pengenalan terhadap beberapa fitur baru dari Pages, bagaimana mengembangkan bisnis dengan Facebook, dan best practice berkaitan dengan proses kreatifnya merupakan bagian sesi pelatihan Facebook Marketing Bootcamp kali ini.

Mengoptimalkan User-experience di mobile

Untuk membantu 45 juta bisnis yang aktif di Facebook ditambahkan fitur baru pada Pages. Pembaruan ini akan memudahkan masyarakat Indonesia untuk menemukan apa yang mereka cari lewat ponsel dan tentunya akan membantu bisnis lokal untuk lebih mudah dalam menampilkan dan mengatur informasi yang ingin mereka tampilkan kepada pelanggan mereka.

Kini, tombol call-to-action pada Pages di ponsel menjadi lebih mudah terlihat dan mempermudah para pebisnis dalam menggunakan Pages mereka untuk mencapai tujuan bisnisnya. Tampilan baru pada tombol call-to-action di ponsel sudah menjadi lebih besar, lebih jelas, dan terletak di bawah foto cover Pages. Selain itu, akan ditambahkan pula pilihan call-to-action untuk membantu para pebisnis mencapai tujuan unik yang mereka inginkan.

Salah satu pembaruan fitur yang dilakukan oleh Facebook adalah memudahkan pengguna mengakses Pages melalui ponsel, di antaranya dengan memberikan pembagian yang jelas pada setiap tab. Contoh implementasniya adalah video dan foto memiliki tab masing-masing. Fitur ini masih dalam proses pengecekan dan akan diluncurkan dalam waktu beberapa minggu ke depan.

Pilihan baru pada bagian Shop untuk membantu para pebisnis ritel menghadirkan produk mereka di bagian terdepan dari sebuah halaman Pages, sedangkan pilihan baru untuk Services memungkinkan bisnis jasa profesional untuk menampilkan daftar jasa yang mereka tawarkan di bagian atas Pages mereka. Memahami sebuah jasa dan produk yang ditawarkan oleh sebuah bisnis merupakan kunci dari pengambilan keputusan dalam menentukan kerja sama dengan sebuah bisnis.

Pembaruan terakhir Pages adalah membantu bisnis berkomunikasi dengan para pelanggan secara lebih mudah melalui pesan dan mengedepankan informasi yang membantu bisnis mereka mencapai tujuannya.

Facebook Pages dorong pertumbuhan bisnis ukm

Facebook berharap UKM bisa memanfaatkan kehadiran Pages untuk memberi informasi yang lebih baik tentang bisnisnya, membantu pelaku usaha membangun keberadaannya  di dunia mobile, dan memberikan kemudahan dalam berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

“Tujuan utama Facebook adalah memperkuat UKM menggunakan teknologi dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menghubungkan pelanggan baru dan mengembangkan bisnis pada skala yang lebih luas melalui Facebook Pages,” tutup Andy.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…