1. Startup

Facebook Ubah Email Publik Anda dengan Alamat Email Facebook

Kemarin Facebook merilis kembali perubahan lain yang sepertinya menjadi upaya untuk meningkatkan privasi Anda dengan menyembunyikan alamat email yang Anda tempatkan di halaman About. Sebagai gantinya, Facebook menampilkan alamat email Facebook. Tahu kan kalau Anda memiliki alamat email Facebook? No? Well, Anda punya. Semua orang yang menggunakan Facebook mendapatkan alamat email dari Facebook. Alamat Facebook Anda adalah namaanda@Facebook.com. Sebagian orang tidak mempersalahkan hal ini, tetapi banyak orang yang tidak menyukainya. Mengapa? Karena mereka lebih memilih untuk menggunakan email mereka sendiri daripada yang telah disediakan oleh Facebook.

Pengaturan privasi Facebook dapat terlihat sangat membingungkan untuk sebagian orang. Faktanya adalah, sebetulnya pengaturan ini sederhana tapi sangat merepotkan. Facebook mempersilakan anggota mereka untuk mengatur setiap informasi agar bisa terlihat atau tersembunyi bagi sebagian orang. Anda bisa memiliki profil publik tetapi menyembunyikan informasi tertentu untuk anggota grup tertentu, atau menyembunyikannya secara total bagi semua orang. Anda bisa menyembunyikan satu set informasi atau hanya sebagian informasi dalam set tersebut.

Mulai kemarin, suka atau tidak, Facebook telah mengganti alamat email Anda yang terlihat di profil akun Facebook Anda dengan alamat Facebook terlepas dari pengaturan privasi Anda.

Ini berarti, jika orang lain ingin mengontak dengan Anda dan melihat informasi Anda di Facebook, mereka akan melihat alamat Facebook Anda, bukan alamat yang Anda letakkan sendiri. Lalu dimana Anda bisa membuka email Facebook ini? Di Inbox Anda.

Sejujurnya, ini membuat semuanya jadi lebih mudah. Dengan aplikasi Facebook Messenger yang telah tersedia untuk sebagian besar platform smartphone, dan aplikasi Facebook sendiri selalu menampilkan jumlah notifikasi yang belum dibaca, ini bisa jadi lebih baik dari email.

Masalahnya, orang tidak terbiasa dikontak dengan cara seperti ini oleh orang asing atau teman lama, atau bisa jadi memang tidak nyaman dengan ide ini. Oh, dan faktanya, di antara 900 juta lebih pengguna Facebook, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki alamat email @facebook.com. Kapan Facebook mulai memberikan alamat email ini? Sejak November 2010.

Apa yang Facebook lakukan hari ini pada dasarnya mendorong relevansi dari email @facebook dan memaksa pengguna mereka untuk menggunakan metode pertukaran pesan yang lebih disukai oleh Facebook. Jika Anda tidak menyukainya dan ingin mengubah alamat email yang Anda pilih, ini caranya:

  1. Masuk ke halaman Facebook Profile dan klik Update Info
  2. Scroll down dan klik Edit pada Contact Info
  3. Atur alamat email Anda agar ditampilkan di timeline
  4. Ubah alamat Facebook menjadi tidak terlihat (hidden)
  5. Selesai

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again