18 November 2015

by Glenn Kaonang

Casing iPhone Ini Bisa Berubah Jadi VR Headset

Bernama Figment VR dan mengandalkan mekanisme lipat yang cerdas

Satu hal yang kita tahu pasti dari VR headset adalah, perangkat itu tidak bisa disimpan di dalam kantong. Bahkan yang dikategorikan portable seperti Samsung Gear VR atau Google Cardboard pun masih mustahil dijejalkan ke dalam kantong tanpa merusak wujudnya.

Berbeda dengan Figment VR. Perangkat yang sedang menjalani kampanye di Kickstarter ini bisa dengan mudah Anda selipkan dalam saku celana. Pasalnya, ia sebenarnya merupakan sebuah casing untuk iPhone – mulai dari iPhone 6 sampai iPhone 6S Plus – tapi punya kemampuan untuk berubah jadi VR headset.

Jadi, Figment VR secara garis besar tidak berbeda dari casing iPhone pada umumnya. Hanya saja, dengan menekan sebuah tombol, bagian belakangnya akan berputar dan berpindah ke depan. Bagian ini adalah sepasang lensa yang akan mengubah tampilan di layar menjadi tampilan virtual reality.

Saat sedang tidak dibutuhkan, pengguna tinggal melipat bagian lensa tersebut kembali ke sisi belakang iPhone. Pihak pengembang Figment VR memanfaatkan material-material yang tahan banting, mulai dari polycarbonate sebagai rangkanya sampai aluminium sebagai penghubung antara lensa dan casing. Semuanya dikemas dengan bobot tak lebih dari 57 gram.

Soal konten, Figment VR dirancang agar kompatibel dengan seluruh konten yang dibuat untuk Google Cardboard. Jadi pada dasarnya pengguna tak perlu khawatir bakal kehabisan konten, apalagi YouTube sekarang sudah mendukung mode virtual reality secara penuh.

Sejauh ini prototipe Figment VR sudah siap, namun pihak pengembangnya masih memerlukan modal ekstra untuk memulai tahap produksi massal. Satu unitnya ditawarkan seharga $49 di Kickstarter. Kalau proyeknya terbukti berhasil, barulah sang pengembang berniat menggarap Figment VR untuk smartphone Android.