Categories

Game

Aplikasi Battle.net Versi Desktop Dipermak dengan Sederet Fitur Sosial

Jadi mirip Slack, tapi untuk gaming ketimbang kerja

Glenn Kaonang - 25 October 2017

Usai meluncurkan aplikasi Battle.net untuk Android dan iOS, Blizzard kini memermak Battle.net versi desktop dan membubuhkan sederet fitur sosial ke dalamnya. Pembaruan ini menghadirkan tab khusus “Social” di Battle.net, plus fitur gifting antar pemain.

Semua yang berhubungan dengan interaksi antar pemain dapat diakses lewat tab Social, entah itu percakapan satu lawan satu atau berkelompok. Blizzard tampaknya banyak belajar dari aplikasi macam Discord, yang perlahan mulai bisa dianggap sebagai Slack-nya para gamer.

Satu hal baru yang sudah saya nanti-nanti sejak lama adalah kemampuan mengirim pesan ke teman yang sedang offline. Di Battle.net versi baru ini, semua percakapan akan disimpan secara otomatis, dan mereka yang dikirimi pesan selagi offline bakal langsung menerimanya ketika kembali online.

Fitur history ini juga berlaku pada percakapan grup. Setiap grup yang dibuat bisa mencakup beberapa channel sekaligus, baik untuk pesan teks maupun voice chat. Sekali lagi, semuanya terkesan seperti Slack, hanya saja untuk gaming ketimbang produktivitas. Tentu saja, semua percakapan bakal tersinkronisasi di aplikasi mobile-nya.

Battle.net social features

Agar pemain dapat lebih mengenali satu sama lain, Blizzard juga menyediakan akses untuk melengkapi profil masing-masing. Selain memilih avatar, pemain juga dapat menyelipkan berbagai informasi di profilnya, semisal link menuju profil media sosialnya. Namun jangan khawatir, Anda bebas menentukan apakah info-info ini bisa dilihat publik secara luas atau tidak.

Fitur gifting kini terintegrasi ke dalam tab Shop. Semisal Anda hendak menghadiahi pemain lain dengan loot box Overwatch atau card pack Hearthstone, tinggal klik tombol “Gift” dan pilih nama teman yang beruntung atau langsung cantumkan BattleTag-nya.

Terakhir, pemain sekarang memiliki opsi untuk menetapkan statusnya sebagai “offline”, berguna saat Anda hendak bermain tanpa diganggu pemain lain, atau secara sembunyi-sembunyi dari grup yang berisik.

Sumber: Blizzard.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter