1. Lifestyle

Flappy Bird Telah Kembali, Tapi Bukan Untuk Perangkat Layar Sentuh

Pernah merajai app chart dua platform mobile terbesar di Bumi, kesuksesan instan Flappy Bird ternyata juga memberikan dampak buruk bagi sang desainernya, Dong Nguyen. Setelah menerima kritikan pedas yang bersifat pribadi dari berbagai kalangan, Nguyen akhirnya memutuskan untuk menghapus Flappy Bird dari app store.

Namun Flappy Bird tidak mati begitu saja. Berkatnya, muncul puluhan game yang mengambil inspirasi dari permainan fenomenal itu. .GEARS Studios yang dipimpin Nguyen dikabarkan sedang menggarap permainan baru, dan mereka dirumorkan akan menghidupkan Flappy Bird kembali serta merilisnya di bulan Agustus dengan fitur baru.

Dan akhirnya pada hari Jumat minggu lalu, .GEARS Studios meluncurkan Flappy Birds Family. Di dalamnya, Anda disuguhkan gameplay sederhana yang membuat permainan ini begitu adiktif, dicemooh, dibenci dan dicintai secara bersamaan. Tapi Flappy Birds Family hadir dengan sedikit perubahan. Untuk pertama kalinya, Flappy Bird menyajikan mode multiplayer dua pemain dengan tampilan split screen.

Dengan hadirnya multiplayer, Flappy Birds Family juga mengenalkan karakter serta rintangan baru, dikemas dalam gaya visual pixelated 8-bit yang khas. Rintangan baru ini mengambil wujud berupa gumpalan terbang berwarna putih yang mengejar karakter Anda (silakan lihat profile picture Dong Nguyen yang ia gunakan di Twitter).

 

Info menarik: Game Flappy Bird Akan Lahir Kembali di App Store Agustus Mendatang Dengan Fitur Multiplayer

 

Kejutan lain adalah Flappy Birds Family tidak diluncurkan di Apple store ataupun Google Play. Sejauh ini, ia dirilis secara eksklusif untuk platformAmazon Fire TV. Dari deskripsi di Amazon, .GEARS Studios menjelaskan Flappy Birds Family menghadirkan mode 'person vs person', rintangan baru, tetap menyenangkan dan sangat sulit dimainkan.

Menurut CNET, dengan merilis Flappy Bird di Fire TV, .GEARS Studios ingin menyajikan sistem kontrol via gamepad. Dan selain set-top box serba guna yang Amazon sajikan, Fire TV juga memiliki controller sendiri. Metode split screen juga merupakan solusi efektif dan sederhana dibanding mode multiplayer online atau berbasis cloud.

Dan kebetulan, Amazon Fire TV adalah satu-satunya platform game mobile yang memungkinkan dapat dinikmati beberapa pengguna secara lokal. Kini kita tinggal melihat bagaimana respon khalayak terhadap mode multiplayer Flappy Bird. Dalam versi sebelumnya, banyak orang tua mengeluh karena anak-anak mereka yang terobsesi dengan permainan tersebut - bahkan tidak sedikit device yang menjadi korban frustasi para penikmatnya.

 

Info menarik: Amazon Fire TV Adalah Kotak Hiburan ‘Serba Guna’

 

Akankah hadirnya Flappy Bird di layar TV membuat pemain lebih rileks, atau malah sebaliknya? Developer menghimbau agar kita menikmati permainan ini di rumah bersama kawan-kawan dan keluarga, tanpa melampiaskan kekesalan pada TV Anda.

Bagi saya sendiri, Flappy Bird tidak bisa disalahkan atas perilaku obsesif (atau destruktif) para pemainnya. Ia hanya sebuah game ringan dan gratis yang sama sekali tidak menampilkan aksi kekerasan. Di sini kita bisa melihat bahwa peran orang tua sangat penting dalam memberi pengertian dan membimbing buah hati mereka.

Sayangnya hingga kini belum ada kabar soal apakah .GEARS Studios akan meneruskan kisah perjalanan Flappy Bird di platform lain - seperti Apple dan Android - atau hanya dapat dinikmati secara ekslusif via Fire TV.

Via Engadget. Gambar: AFTVNews.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again