1. Lifestyle

Flappy Bird Telah Tiada, Versi Webnya Muncul di Internet

Flappy Bird memberikan efek buruk bukan hanya bagi para gamer yang terbawa emosi, tetapi juga pada sang pencipta, Dong Nguyen. Dengan memikirkan alasan kesehatan mental bagi dirinya, solusi Nguyen ialah untuk menghilangkan permainan ini dari toko aplikasi untuk selamanya. Tapi jangan harap Flappy Bird bisa mati tanpa 'perlawanan', karena versi web permainan fenomenal ini muncul di internet.

Dari sejauh yang saya ketahui, versi web HTML5 Flappy Bird bukan dibuat oleh tim developer orisinilnya, .GEARS Studio. Ia adalah ciptaan seorang programer yang berhasil 'mem-porting' game itu ke website berjenis .org. Tampaknya langkah ini merupakan respon atas jawaban pertanyaan yang diberikan oleh Nguyen di Twitter miliknya.

 

Info menarik: Jangan Hapus Flappy Bird dari iDevice Anda

 

Seorang user bernama Noah Buscher bertanya apakah Dong Nguyen berencana untuk menciptakan versi HTML5 dari Flappy Bird. Ia sangat tertarik untuk melakukannya seorang diri dan berencana untuk 'meng-open source' permainan itu. Nguyen hanya menjawab singkat sembari tertawa, "Bagaimana jika Anda buat sendiri?" Dan akhirnya, Flappy Bird berhasil diabadikan di internet.

Berita ini tidak berhenti sampai di sana, fenomena Flappy Bird juga melahirkan banyak clone (tiruan) dengan model permainan sejenis. Saat ini terhitung ada 81 clone game Flappy Bird yang beredar di pasar, beberapa di antaranya adalah Flappy Penguin, Ironpants, Clumsy Bird, Flappy Whale, Happy Bee dan lain-lain. Bahkan tidak sedikit mahasiswa Teknik Informatika Indonesia yang menciptakan game sejenis sebagai karya Tugas Akhir mereka.

Flappy Bird banyak mendapatkan kritik karena penggunaan visual mirip seperti permainan Super Mario Bros, lengkap dengan background dan 'pipa hijau' penghalang yang serupa. Namun menurut saya, kritikan dan sumpah serapah yang ditujukan kepadanya disebabkan oleh kesuksesan besar yang Flappy Bird raih dalam waktu yang singkat - untuk sebuah permainan sederhana dengan visual yang tak kalah sederhana.

Bayangkan, game tersebut dapat menghasilkan US$ 50.000 hanya dalam satu hari berkat iklan, dan memanjat tangga top app dengan sangat cepat. Nguyen menolak untuk memberikan angka terperinci dan menjawabnya dengan, "Saya tidak tahu jumlah pastinya, tapi saya tahu jumlahnya sangat banyak."

 

Info menarik: 5 Aplikasi Android Terpilih Untuk Momen Valentine

 

Sayangnya pemasukan yang banyak tidak menjamin dapat menjaga jiwa tetap damai. Saat Forbes mencoba untuk mewawancarai Ngyuen, ia tampak pucat dan stres. Pria ini menghabiskan beberapa batang rokok dalam waktu kurang dari 45 menit. Menurut Nguyen, semua 'kegilaan' ini merupakan kesalahan dirinya, "Hidup saya tidak sedamai dahulu lagi. Saya tidak bisa tidur." Setelah menghapus Flappy Bird dari toko aplikasi, ia menghabiskan waktu untuk tidur dan meninggalkan internet sejenak.

Setelah menenangkan diri dan berpikir panjang, Nguyen berpendapat Flappy Bird bukanlah sebuah kesalahan, "Setelah kesuksesan Flappy Bird, saya lebih percaya diri, dan saya memiliki kebebasan untuk melakukan apapun yang saya mau."

Jika penasaran, silakan nikmati versi HTML5 Flappy Bird di freeflappybird.org. Ingat, jangan tinju monitor Anda.

Satu alasan yang belum saya mengerti adalah mengapa banyak orang terbawa emosi hanya karena memainkan Flappy Bird. Saya bisa menyebutkan banyak permainan yang jauh lebih membuat frustasi dibanding game tersebut. Dan menurut saya, belum ada game yang lebih susah dan memancing emosi dibandingkan I Wanna be the Guy: Gaiden.

Via Tech Crunch. Gambar header: Videogamer.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again