1. Startup

Flip Rilis Fitur “Minta Uang” untuk Permudah Permintaan Transfer

Proses kerjanya mirip layanan "payment link" yang telah banyak digulirkan startup payment gateway

Aplikasi transfer uang Flip meluncurkan fitur baru "Minta Uang" untuk permudah menerima uang dari pengguna lainnya dan melakukan pemantauan atas penerimaan transfer uang tersebut. Fitur ini sudah mulai digulirkan ke seluruh pengguna sejak bulan ini.

VP Product & Design Flip Sourabh Gupta menjelaskan, saat ini salah satu kendala yang kerap kali dirasakan pengguna adalah harus membagikan nomor rekening secara manual yang dapat menyebabkan salah kirim. Oleh karena itu, Flip menyediakan langkah efisien untuk para pengguna dalam memantau penerimaan transfer melalui fitur "Minta Uang".

Sebenarnya fitur ini juga mirip dengan Payment Link yang dimiliki sejumlah payment gateway seperti Midtrans. Pengguna bisa meng-generate sebuah tautan khusus yang memberikan kepada pengguna lain opsi untuk melakukan pembayaran secara lebih terstruktur. Ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku UMKM, khususnya yang fokus jualannya di social commerce. Fitur serupa juga dimiliki fintech lain seperti Durianpay dan Xendit.

“Kami menyadari bahwa terdapat berbagai kendala yang dihadapi pengguna dalam melakukan transfer uang. Sebagai perusahaan yang mengutamakan pelanggan (customer centric), Flip berinovasi meluncurkan fitur Minta Uang demi mempersingkat serta permudah proses transfer uang hanya dengan satu tautan (link),” ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (13/10).

Melalui satu tautan atau link, pengguna dapat membagikan nomor rekening, memantau, dan menerima uang masuk ke rekening tanpa khawatir salah transfer. Selain itu, dalam fitur ini pengguna dapat memantau penerimaan transfer uang melalui menu Riwayat Transaksi Minta Uang.

Alur menggunakan fitur ini, dari menu utama, klik menu ‘Minta’, kemudian klik ‘Tambah Rekeningmu’ dan pilih bank yang digunakan untuk menerima uang. Pastikan nomor rekening sesuai, kemudian ‘Simpan Rekening’. Pengguna bisa memilih tautan yang diinginkan, kemudian salin tautan untuk dibagikan ke pengguna Flip lainnya.

Pengguna yang menerima tautan tersebut dapat langsung memasukkan nominal uang yang hendak ditransfer tanpa perlu memasukkan nomor rekening lagi. Uang akan langsung masuk ke rekening pengguna apabila sudah melakukan transfer.

Head of Marketing Flip Andri Rahmad Wijaya menambahkan, hadirnya fitur Minta Uang ini relevan dengan berbagai gaya hidup masyarakat dalam melakukan transaksi uang sehari-hari. Misalnya, untuk mengumpulkan uang arisan, donasi, patungan, dan tagihan setelah makan bersama.

“Bersosialisasi merupakan gaya hidup yang melekat pada masyarakat Indonesia. Tak jarang, di dalam sosialisasi tersebut dibutuhkan berbagai transaksi keuangan, misalnya arisan, pengumpulan donasi, dan lain-lain. Fitur Minta Uang ini dapat memudahkan pengumpulan uang, hanya dengan membagikan satu link kepada kelompok sosial sesama pengguna Flip,” kata Andri.

Pencapaian Flip

Pada paruh pertama ini, pengguna individu Flip tembus ke angka 10 juta orang. Jumlah pengguna individu ini meningkat jika dibandingkan dengan semester II tahun 2021, yakni lebih dari 7 juta pengguna. Meski tidak dirinci lebih spesifik, solusi transfer antarbank dan top-up e-wallet tanpa biaya admin milik Flip diklaim telah membantu para pengguna berhemat hingga ratusan miliar Rupiah.

More Coverage:

Perusahaan juga me-rebrand layanan B2B-nya menjadi Flip for Business dari sebelumnya bernama Big Flip. Perubahan identitas ini sekaligus untuk memperkuat ekosistem solusi B2B demi mendukung produktivitas perusahaan-perusahaan melalui layanan transfer uang dan transfer internasional untuk kebutuhan bisnis.

Total tim Flip disebutkan telah mencapai lebih dari 400 orang yang bekerja secara WFA di Indonesia maupun di luar negeri.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again