1. Startup

Foodpanda, Zalora, dan Lazada Ungkapkan Suksesnya Gelaran Online Revolution

Tiga pemain e-commerce besar di Asia Tenggara Zalora, Lazada, dan Foodpanda baru saja mengumumkan kesuksesan besar atas campaign online sales yang bertajuk “Online Revolution”. Bulan diskon yang terinspirasi dari perhelatan “Cyber Monday” dari daratan Amerika ini membawa sejumlah pemecahan rekor penjualan di berbagai negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Seperti apa kisah pencapaian yang diraih dari perhelatan tersebut?

Sesuai dalam press release yang kami peroleh, Ralf Wenzel selaku Global Managing Director dari Foodpanda mengatakan, melalui ajang diskon yang diusungnya bersama dengan situs e-commerce lainnya yang juga tergabung dalam jaringan Rocket Internet ini mengakibatkan peningkatan trafik dan transaksi penjualan yang cukup tajam yang terjadi di berbagai negara layanannya.

“Membawa konsep Cyber Monday di Asia Tenggara merupakan suatu kesuksesan yang besar. Kami mengalami lonjakan trafik sebesar 20-30% di seluruh negara. Di Malaysia kami mengalami peningkatan jumlah pelanggan baru hingga sebesar 40%, begitu juga di Vietnam kami meraih kenaikan pendapatan sebesar 40%,” ungkap Ralf sebagaimana yang tertera dalam press release.

Selain perolehan tersebut, di daratan Singapura Foodpanda juga mengalami lonjakan trafik sebesar 25% yang juga berdampak pada peningkatan transaksi dan order di hari terakhir program yang mencapai 20%. Sama halnya dengan negara lain, Thailand dan Indonesia juga tercatat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Di Thailand, ketika gelaran itu diadakan trafiknya juga sempat melonjak hingga tiga kali lipat, sama halnya dengan Indonesia yang pada kala itu trafiknya juga meningkat hingga lima kali lipat dibanding hari-hari biasanya.

Menanggapi hal pencapaian tersebut, Igor Pezzilli yang menjabat sebagai CEO dari Lazada Malaysia mengutarakan kegembiraannya meraih kesuksesan yang cukup besar pada gelaran ini. “Kami merasa lebih dari senang dengan hasil yang diperoleh dari perhelatan Online Revolution ini. Sehubungan dengan peningkatan penjualan dan trafik pengunjung, kami sudah melihat respon tersebut sejak awal campaign ini dimulai,” ungkap Igor.

Keberhasilan yang diraih pada gelaran Online Revolution ini, tentu menggambarkan pertumbuhan industri e-commerce di kawasan Asia Tenggara yang bertumbuh secara cepat. Keberadaan industri ini pun mulai dirasa menjadi bagian penting dalam gaya hidup masyarakat modern. Seperti yang belum lama ini kami kabarkan, gelaran #1212SALE yang diadakan di Indonesia merupakan langkah penting untuk meningkatkan minat dan kebiasaan masyarakat untuk berbelanja online

Cyber Monday dan gelaran-gelaran yang serupa akan membantu untuk mengedukasi pasar serta lebih lanjut akan semakin menggarisbawahi mega-trend dari belanja online,” tandas Ralf Wenzel.

[ilustrasi foto dari: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again