1. Lifestyle

Gabe Newell: Kami Tidak Merasa Terancam Oleh Xbox One

Berbeda dengan Valve yang kita kenal, dalam momentum CES 2014 yang dilangsungkan minggu ini mereka tampak lantang memberikan informasi-informasi menarik. Sebelumnya kita sudah mendengarkan alasan Gabe mengapa timnya belum berkonsentrasi pada franchise Half-Life 3 dan detail lengkap tentang Steam Machines, kini tuan Newell memberikan pandangannya tentang perkembangan next-gen console yang laris manis.

Kita tahu sepanjang sejarah jarang sekali dua console game dari perusahaan yang 'berseteru' dirilis dalam waktu yang hampir bersamaan, namun itulah yang terjadi dengan Xbox One dan PlayStation 4. Uniknya, kedua platform home console ini terjual sangat laris dibandingkan model-model pendahulunya dengan selisih yang tidak jauh berbeda. Bahkan berita terbaru menyatakan Xbox One sejauh ini telah terjual sebanyak tiga juta unit.

 

Info menarik: Jawara Sistem Operasi Paling Populer di Steam Masih Dipegang Oleh Windows 7

 

Saat duduk di atas panggung presentasi CES Las Vegas tahun ini, seorang penonton memberikan pertanyaan pada Newell, "Microsoft baru saja mengumumkan Xbox One terjual sebanyak tiga juta unit dalam tiga bulan ke belakang, apakah Anda mampu mencapai target tersebut di akhir tahun? Dapatkah Anda menjual tiga juta unit?"

Kemudian Gabe menjawabnya dengan penuh canda, "Well, mungkin hal itu akan membutuhkan banyak waktu. Lagi pula, pengguna Steam terhitung hanya sebesar lebih dari 65 juta orang." Kemudian penonton lain tertawa.

"Satu alasan mengapa kami pikir mengapa Valve berada di jalur yang tepat karena kami bisa mengambil manfaat dari apa yang orang lain pernah lakukan," jelas Gabe. Ia meneruskan, "Jika saya membeli game dari Steam dan menjalankannya di Windows, saya bisa mengaktifkan Steam Machines dan menemukan game tersebut sudah ada di dalamnya. Dengan pengalaman menikmati PC yang diperluas hingga ke ruang keluarga, developer dan Anda sebagai konsumen saling mendapatkan keuntungan."

 

Info menarik: Staf Valve Ciptakan Controller Yang Memanfaatkan Lidah dan Bokong?

 

Mungkin yang dimaksudkan oleh sang penanya adalah penjualan Steam Machines. Tetapi sekali lagi kita sendiri bisa menciptakan Steam Machines sendiri hanya dengan berbekal Steam Controller dan SteamOS yang gratis. Sehingga angka penjualan 'console' Steam Machines tidak bisa merepresentasikan kesuksesan layanan Steam. Apalagi dengan konsep open-source, akan susah melacak seberapa banyak Steam Machines telah terjual kecuali dengan melihat fluktuasi statistik pengguna Steam.

Terlepas dari hal itu, silakan lihat foto Gabe Newell di atas. Apakah Anda melihat ada yang aneh di sana? Bagaimana bisa ia memiliki janggut putih dan rambut pirang?

Sumber artikel dan gambar: Kotaku.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again