DScovery

Berapa gaji CEO dan Direktur di Indonesia?

Posisi CEO termasuk posisi tertinggi dalam sebuah perusahaan, untuk sebuah posisi tinggi berapa gaji yang akan didapatkan oleh CEO? Apakah semua CEO memiliki pendapatan yang sama?

Chief executive officer atau CEO adalah sebuah posisi yang cukup tinggi setelahfounderatau owner. Walaupun, beberapa perusahaan ada yang mengisi jabatan CEO dan owner hanya dengan satu orang saja. Namun, apakah kamu penasaran berapa gaji CEO di Indonesia?

Perihal gaji ini juga sering menjadi hal yang penasaran bagi siapa pun, karena dengan mengetahui seberapa besar gaji sebuah profesi bisa memproyeksikan bagaimana tingginya jabatan atau job desk yang dikerjakan.

Kamu juga perlu tahu jika penggunaan kata CEO di Indonesia biasanya hanya diterapkan di perusahaan-perusahaan rintisan atau startup. Sedangkan, direktur sebagai kata ganti CEO digunakan dalam perusahaan konvensional atau corporate.

Nah, daripada kamu penasaran, yuk, cari tahu seberapa besar gaji CEO atau direktur di Indonesia! Simak penjelasannya berikut!

Berapa gaji CEO di Indonesia?

Posisi CEO dalam sebuah startup biasanya akan memiliki tugas untuk untuk menjalankan visi dan misi perusahaan yang ia kelola, tak jarang juga CEO akan mengawasi keuangan hingga operasional sumber daya manusia perusahaan, memastikan semuanya berjalan sesuai dengan anggaran.

Dengan tanggung jawab dan tugas yang cukup besar, dilansir dari OCBC NISP gaji CEO di Indonesia pada tahun 2021 bisa mencapai Rp130 sampai Rp250 juta per bulannya. Maka dalam setahun, CEO akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp1,5 hingga Rp3 miliar. Wow, angka yang besar untuk sebuah pendapatan.

Namun, besarnya gaji tersebut juga disesuaikan dengan startup dan perusahaannya, biasanya gaji CEO yang disebutkan di atas adalah CEO yang bekerja di sebuahstartupunicorn

Di Indonesia sendiri pada tahun 2021 sudah memiliki 12 startup unicorn, di antaranya:

  • GoTo
  • Traveloka
  • Bukalapak
  • Ovo
  • JD.id
  • Blibli.com
  • J&T Express
  • Kredivo
  • Xendit
  • Ajaib
  • Kopi Kenangan

Jika, kamu perhatikan juga di antara 12 startup unicorn tersebut sebagian besar berhubungan dengan e-commerce. Sehingga, bisa dibilang pertumbuhan e-commerce Indonesia cukup tinggi dan tidak heran bola CEO di startup unicorn Indonesia bisa mendapatkan gaji ratusan juta per bulannya.

Berapa gaji direktur perusahaan Indonesia?

Berbeda dengan perusahaan rintisan yang dipimpin oleh CEO, maka seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa perusahaan corporate atau konvensional dipimpin oleh seorang direktur. Kamu juga perlu tahu jika direktur itu bagian dari sebuah direksi. Sehingga, dalam perusahaan corporate di Indonesia biasanya mereka akan memiliki beberapa direktur dalam sebuah direksi.

Direktur ini juga sering disebut sebagai komisaris, atau eksekutif. Nah, apakah direktur dan CEO di Indonesia memiliki gaji yang sama? Coba kita lihat hasilnya!

Dikutip dari CNBC gaji untuk direksi atau direktur perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah sebagai berikut:

1. PT Bank Mandiri Tbk

PT Bank Mandiri memiliki 12 direksi dengan total remunerasi Rp428,37 miliar. Rata-rata remunerasi perorangannya adalah Rp5,95 miliar per bulan.

2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

PT Bank Rakyat Indonesia memiliki 12 direksi dengan total remunerasi Rp365,36 miliar. Rata-rata remunerasi perorangannya adalah Rp5,07 miliar per bulan.

3. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

PT Telekomunikasi Indonesia memiliki jumlah direksi 9 orang dengan total remunerasi Rp240 miliar. Sehingga, rata-rata remunerasi perorangan adalah Rp4,4 miliar per bulan.

Maksud dari kata remunerasi adalah total dari gaji, tunjangan, bonus, dan imbalan kerja jangka panjang. Nilai rata-rata remunerasi juga dihitung dengan cara membagi total remunerasi sesuai dengan berapa banyak dewan direksi dalam perusahaan tersebut, kemudian juga dibagi dalam jangka waktu enam bulan.

Tentunya akan ada perbedaan gaji antara CEO dan direktur sebuah perusahaan corporate di Indonesia, karena dalam bentuk perusahaan juga akan terdapat perbedaan. Memang benar gaji CEO Indonesia dan direktur perusahaan corporate sangatlah besar dan menggiurkan, tetapi di balik itu semua ada tanggung jawab dan beban besar yang harus kamu tanggung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again