Categories

Gadget

Galaxy P30 Bakal Jadi Smartphone Pertama Samsung yang Mengemas Sensor Sidik Jari di Layar?

Akan ada juga varian Plus yang lebih bertenaga

Bambang Winarso - 27 September 2018

Meskipun sudah ada spekulasi luas yang mengatakan bahwa Galaxy S10 bakal menjadi perangkat pertama Samsung yang mendapatkan layar berteknologi biometrik, tapi ada laporan lain dari sumber yang cukup terpercaya yang menunjukkan bahwa fitur sensor sidik jari di layar justru bakal diboyong lebih dahulu oleh Galaxy P, jajaran terbaru dari Samsung sebelum Galaxy S10.

Rumor ini makin menguat setelah perangkat yang diduga Galaxy P30 terlihat sudah mendarat di lembaga sertifikasi 3C di Tiongkok, tempat di mana ia akan dijual pertama kali. Dalam fase pengujian tersebut, Galaxy P30 diketahui menggunakan nomor model SM-G620 meski tak mengungkapkan banyak informasi terkait spesifikasi lainnya.

Tetapi berdasarkan laporan sebelumnya diketahui bahwa Samsung Galaxy P30 akan mengemas layar LCD, sedangkan panel OLED mungkin ditanamkan untuk varian yang lebih tinggi, bisa seri Plus atau nama lain sesuai skema Samsung. Selain itu, seri Galaxy P30 Plus bisa jadi akan jadi satu-satunya varian yang memiliki teknologi sidik jari di layar.

Sementara itu berdasarkan bocoran terdahulu, dikatakan juga bahwa Galaxy P30 baru kemungkinan akan datang dengan spek kelas atas tetapi dibanderol lebih terjangkau. Ada dua varian penyimpanan yang kemungkinan besar bakal disediakan, yaitu varian 64GB dan 128GB. Kedua varian ini diyakini bakal didampingi RAM sebesar 6GB dalam balutan warna biru, pink, hitam dan merah.

Strategi Samsung terbaru di ceruk kelas menengah ini terlihat cukup jelas merupakan salah satu ikhtiarnya untuk menjegal kompetitor dari Tiongkok. Perusahaan seperti Huawei dan Vivo sudah meluncurkan smartphone yang menampilkan sensor sidik jari di layar secara global, sehingga Samsung dituntut untuk secepat mungkin menelurkan perangkat dengan keunggulan yang sama.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header ilustrasi Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter