1. Lifestyle

Game Eksklusif PS4 Driveclub Diundur ke Waktu yang Belum Ditentukan

Driveclub pernah menjadi alasan mengapa gamer tertarik pada Sony PlayStation 4. Dikembangkan oleh developer Evolution Studios, banyak orang memperkirakan bahwa permainan ini akan menjadi penerus seri Gran Turismo di platform baru ini. Tetapi setelah diundur beberapa kali, akhirnya Sony memutuskan agar Driveclub dikembalikan ke 'meja sketsa'.

Game racing yang mengusung formula simulasi ini diumumkan cukup lama, jauh sebelum peluncuran PlayStation 4, yaitu tanggal 20 Februari 2013. Evolution adalah studio di belakang franchise MotorStorm. Driveclub sendiri dirancang agar lebih menyerupai game Grid 2 garapan Codemasters ketimbang Gran Turismo ataupun Forza.

 

Info menarik: Sudah Siapkah PC Anda Menghadapi Dark Souls II?

 

Dalam Electronic Entertainment Expo 2013, Sony mengumumkan bahwa akan ada edisi khusus Driveclub yang menyertakan keanggotaan PlayStation Plus secara gratis. Sayangnya menjelang peluncuran console baru mereka itu, Sony mengabarkan bahwa Driveclub akan diundur ke 2014. Namun berdasarkan wawacara IGN dengan Scott Rohde dari Sony, kemungkinan besar permainan ini juga tidak akan dirilis di tahun ini.

"Alasan kami melakukan ini kembali pada prinsip dasar Sony, bahwa kami ingin menciptakan game yang mengagumkan. Dan kami tidak mau meluncurkannya hingga ia benar-benar siap. Dan tekadang, hal ini terjadi pada sebuah praktek bisnis biasa, dimana kami berpikir bahwa ia cukup matang dan menjelang waktu perilisan, kami baru sadar kami akan mengecewakan banyak orang jika mempublikasikannya sebelum rampung," jelas Rohde panjang.

Ia meneruskan, "Tim PlayStation sadar bahwa itulah harga yang harus dibayarkan. Akhirnya kami putuskan untuk kembali ke meja perancangan dan memastikan Driveclub menjadi game yang mengagumkan sebelum kami luncurkan. Itulah yang terjadi dengan permainan ini."

Jadi kapan akhirnya Driveclub diluncurkan? Bahkan Scott Rohde sendiri tidak yaking bahwa permainan racing tersebut akan dirilis di 2014. Tim public relation Sony sempat berjanji akan menginfomasikannya dalam waktu dekat.

Berita ini memang cukup mengecewakan banyak orang. Kabar tentang Driveclub telah beredar semenjak tahun 2011, bersama dengan Watch Dogs, produk ini adalah game 'launch title' yang ditunda dan tidak direalisasikan tepat waktu.

 

Info menarik: Domikado Tengah Siapkan Aplikasi Live Streaming Piala Dunia 2014 dan ISL

 

Namun alasan penundaan ini menjadi pukulan berat bagi Sony bukan hanya karena Driveclub diundur ke waktu yang belum ditentukan, tapi karena hingga saat ini PlayStation 4 sama sekali belum memiliki game racing yang diandalkan - apalagi mengingat resepsi gamer terhadap Need For Speed: Rivals bisa dibilang cukup dingin. Ditambah fakta bahwa Grand Turismo 6 (yang baru dirilis Desember lalu di PS3) tidak akan diluncurkan untuk PlayStation 4.

Untungnya kita masih mempunyai alternatif: Slightly Mad Studios memutuskan bahwa game racing 'comunity-based' mereka, Project CARS juga akan dirilis di PlayStation 4. Permainan ini mungkin akan menjadi jawaban kerinduan gamer di platform game generasi selanjutnya, namun langkah mundur bagi Sony jika mereka merilis Driveclub setelah Project CARS diluncurkan.

Gambar header: VG247.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again