Satu tahun lebih setelah perilisannya, Bethesda mengumumkan upgrade grafis Fallout 4 versi console (didedikasikan buat PlayStation 4 Pro), dan diringi oleh pengungkapan High-Res Texture Pack untuk PC. Ada dua hal yang mengagetkan, dan mungkin membuat banyak orang enggan menjajalnya walau disajikan secara gratis: DLC itu membutuhkan tambahan 58GB dan menuntut kartu grafis Nvidia GTX 1080.

Ketika informasi tersebut diungkap di bulan Januari lalu, saya penasaran apa benar High-Resolution Texture Pack akan membebani sistem yang sebelumnya mampu menangani Fallout 4 secara optimal. Developer memang tidak bilang bahwa GTX 1080 merupakan batas minimalnya, namun ada potensi update tekstur menyebabkan performa permainan jadi anjlok. Mengetahui resiko itu, dengan keras kepala saya tetap mengunduhnya.

Setelah selesai, file Fallout 4 di sistem saya membengkak hampir mendekati 100GB, tepatnya 91,8GB. Saya melakukan instalasi bersih dari awal, dan itu artinya, angka tersebut belum termasuk mod. Sebelum game dimulai, saya memastikan opsi grafis berada di tingkat paling tinggi. Satu-satunya fitur yang tidak berubah ketika opsi ‘ultra‘ saya klik adalah weapon debris. Intuisi saya mengatakan, sebaiknya menu ini tidak perlu diutak-utik jika saya ingin Fallout 4 berjalan lancar.

Fallout 4 membawa saya masuk ke menu familier, dan di sana saya langsung melihat masalah: video loop terasa lebih tersendat dari biasanya, kemudian cursor mouse juga kadang juga berkedip dan memperlihatkan tampilan putih seperti di desktop. Sejujurnya, muncul sedikit rasa skeptis di benak saya terhadap kemampuan MSI GT72VR 6RE Dominator Tobii dalam menangani High-Res Texture Pack, namun akhirnya saya tetap mengklik new game.

Menduga performanya mengecewakan, yang terjadi cukup mengagetkan. Sesi pembuatan karakter ternyata tersaji mulus. Saya tidak merasakan adanya penurunan frame rate sedikitpun dan hal ini berlangsung hingga sesi tutorial berakhir dan game kembali menanyakan apakah saya ingin meng-edit lagi penampilan karakter dan status SPECIAL (singkatan dari Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intelligence, Agility dan Luck).

Selanjutnya, elevator membawa sang protagonis naik ke permukaan, dan untuk pertama kalinya, kinerja MSI GT72VR 6RE betul-betul diuji. Tapi sekali lagi, Fallout 4 dengan High-Res Texture Pack berjalan sangat lancar. Via Fraps, frame rate terhidang mulus di 60 kali per detik. Di sesi gaming selama kurang lebih delapan jam, hanya ada dua kali penurunan frame rate – tebakan saya ialah karena adanya proses loading di background. Namun selebihnya, Fallout 4 tidak pernah tersendat di tengah-tengah aksi seru.

Tentu saja High-Res Texture Pack membuat Fallout 4 tampil jauh lebih cantik dari versi standar. Model karakter memang tak banyak berubah, tapi efek update ini bisa Anda lihat dari sinar matahari yang menyelinap masuk di ranting-ranting pohon sampai kabut senja yang mengurangi jarak pandang Anda. Siang hari terasa lebih terik, lalu malam jadi lebih gelap dan moody.

Dan lewat artikel Game Playlist kali ini, saya mengonfirmasi kesanggupan MSI GT72VR 6RE buat menjalankan Fallout 4 plus DLC High-Res Texture Pack, dan saya merekomendasikan para gamer untuk mencobanya. Kini yang dibutuhkan tinggal kemauan Anda mengunduh update sebesar 58GB…

Ayo simak galeri screenshot-nya di bawah:

Game Playlist adalah artikel gaming kolaborasi MSI dengan DailySocial.

Game dimainkan dari unit notebook MSI GT72VR 6RE Dominator Tobii, ditenagai prosesor Intel Core i7-6700HQ 2,6GHz, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070, RAM 16GB, penyimpanan berbasis SSD 256GB dan HDD 1TB, serta dilengkapi teknologi eye-tracking Tobii Technology.