18 December 2013

by Bambang Winarso

Gamepad Buatan Samsung Resmi Diluncurkan, Mendukung Android 4.1 dan Bluetooth

Samsung baru-baru ini merilis sebuah perangkat gamepad bernama Smartphone Gamepad yang dirancang khusus untuk smartphone Samsung Galaxy dan tablet. Rilisnya gamepad ini menjadi salah satu upaya Samsung untuk memenuhi kebutuhan akan pasar mobilegaming yang terus meningkat dalam beberapa tahun ini.

Pada bulan Maret lalu, Samsung juga sempat memamerkan sebuah prototipe sebuah gamepad, untuk menyegarkan ingatan Anda silahkan baca artikelnya di tautan ini. Jika Anda bandingkan antara model prototipe dan yang sekarang, terjadi perubahan radikal, meski struktur garis besarnya terlihat masih sama.

Secara khusus kehadiran gamepad ini akan memungkinkan penggemar gamer untuk tetap dapat menikmati setiap level permainan melalui smartphone atau tablet di manapun mereka berada, tanpa terbatas waktu dan tempat. Apalagi gamepad ini tidak menggunakan koneksi kabel melainkan koneksi Bluetooth sehingga lebih mudah dan jauh dari istilah ribet.

Bentuk Smartphone Gamepad ini terlihat berbeda dibandingkan gamepad lain, Samsung mengklaim perangkat ini mudah untuk dibawa dan tahan banting karena rangka utama terbuat dari baja.

Perangkat smartphone yang bisa terpasang ke Smartphone Gamepad bervariasi mulai ukuran 4 hinga 6.3 inci seperti Galaxy SIII, S4, Galaxy Note II dan Note  III. Jika ingin layar yang lebih besar, pengguna dapat memanfaatkan port HDMI yang ada di smartphone Samsung Galaxy ke layar TV atau menggunakan layanan AllShare Screen Mirroring milik Samsung. Dalam rilisnya disebutkan bahwa perangkat untuk mendukung bermain game ini dioptimasi untuk perangkat Samsung Galaxy yang menjalankan Android 4.3 seperti Galaxy Note 3, S4, Note II dan S III.

Dalam rilis pressnya Samsung membeberkan sederet spesifikasi dari Smartphone Gamepad, ini dia:

Dukungan OS: Android 4.1 ke atas Koneksi: Bluetooth v3.0, NFC untuk perangkat Samsung yang menggunakan Android 4.3 ke atas Dimensi:  137.78 x 86.47 x 31.80mm, 195g Baterai: Rechargeable 160mA Warna: Hitam

 

 

 

Dari gambar di atas kita bisa melihat ada 8 tombol tombol yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda, untuk kendali utama terdapat 2 stik analog dan 4 tombol perintah. Kemudian tombol Select dan Start, serta 1 tombol Play yang berada di bagian atas tengah gamepad yang berfungsi untuk memulai permainan menggunakan koneksi NFC.

Sumber berita TheNextWeb dan Samsung.