1. Lifestyle

Gamer Bertualang Selama Tiga Tahun Untuk Mencari Ujung Dunia Minecraft

Seorang inventor di bidang internet pernah berargumen, siapa yang bilang dunia maya bukanlah dunia yang nyata? Di sana Anda bertemu dan berinteraksi dengan orang sungguhan, berkarya, mendapatkan keuntungan, hiburan dan berekreasi di dalamnya. Dan seorang gamer mencoba memecahkan konsep kita akan keterbatasan dunia digital.

Gamer berkebangsaan Amerika Serikat itu bernama Kurt J. Mac. Ia mencoba untuk menelusuri dunia Minecraft untuk menemukan apa yang pernah dikenal dengan nama Far Lands. Seperti nama yang dimilikinya, Far Lands adalah ujung dunia pada game yang saat ini belum tersentuh.

Dalam Minecraft, dunia ini tercipta secara bertahap saat Anda menjelajahinya. Semakin Anda berjalan jauh, semakin besar dunia (dan kapasitas aplikasi) ini tercipta dan semakin kompleks pula kode yang muncul: Far Lands adalah tempat dimana kode game mulai 'collapse'.

 

Info menarik: Infectonator: Survivors Bergabung ke Steam Greenlight

 

Dari situs wiki resmi Minecraft, Anda harus menempuh jarak 12.550.820 meter (lebih dari 12.500 km) untuk sampai di sana. Kurt memulai petualangan ini dari bulan Maret 2011 dan ia baru berjalan sejauh 700 km, itu berarti Kurt baru menempuh sekitar 0,05 persen dari seluruh perjalanannya. Berita buruknya, Far Lands telah dihilangkan developer Mojang dalam versi terbaru Minecraft. Hal tersebut memaksa Kurt untuk tetap menggunakan build lawas Minecraft, Beta 1.8.

Sebenarnya untuk apa Kurt melakukan hal ini? Ternyata untuk tujuan yang mulia. Ia melakukannya sembari mengumpulkan dana amal. Dalam perjalanan tersebut, ia selalu mendokumentasikan petualangannya di YouTube dan menceritakan hal-hal gila apa yang ia alami selama memainkan Minecraft (karena pada dasarnya game tersaji secara random, kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya).

 

Info menarik: Apakah Game ‘Impor’ Mengganggu Pertumbuhan Developer Lokal?

 

700 kilometer dalam waktu tiga tahun sebenarnya bukanlah sebuah rekor yang optimal, tapi saya mengerti Kurt juga memiliki kehidupan dan hobi lain selain berkutat di dalam Minecraft. Saya penasaran apakah mungkin akhirnya ia tiba di Far Lands sebelum Minecraft mengkonsumsi habis ruang kosong di hard disk miliknya. 12.500 km adalah sepertiga panjang lingkar ekuator bumi.

Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa Kurt baru akan sampai di Far Lands setelah lebih dari 3.000 episode podcast lagi. Tapi bukankah dalam sebuah petualangan, yang terpenting adalah perjalanannya, bukan tujuannya?

Via Kotaku. Gambar header: Esourceengine.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again