1. Lifestyle

GameStick Akan Ikut Meramaikan Pasar Konsol Game Berbasis Android

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai konsol game berbasis Android bernama Ouya, kali ini kami akan mengulas tentang pemain baru yang akan ikut meramaikan pasar ini yakni GameStick. Dengan jargon "Membawa Permainan Layar Besar ke Kantong Anda", konsol GameStick didesain berukuran sangat kecil yakni kira-kira sebesar flash disk pada umumnya saja. Bahkan kemasan konsol GameStick bisa disimpan di dalam controller perangkat game tersebut seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut.

Meski berukuran kecil, GameStick memiliki spesifikasi yang cukup baik seperti: prosesor Amlogic 8726-MX dual core dengan kecepatan 1.5 GHz, memori sebesar 1 GB RAM, kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB, dan sudah mendukung fasilitas bluetooth dan wi-fi. GameStick direncanakan akan beroperasi dengan sistem operasi Android Jelly Bean. Dari segi grafis, GameStick mendukung resolusi HD sebesar hingga 1080 piksel. GameStick juga bisa mengakomodir 3 jenis alat kontrol yakni gamepad, mouse dan keyboard, kesemuanya dengan koneksi bluetooth. Satu unit GameStick bisa mendukung 4 alat kontrol sekaligus.

Saat ini GameStick sudah memiliki prototipe yang bisa beroperasi dan menargetkan untuk membawa 200 judul permainan dari 700.000 permainan yang sudah dipublikasikan di ekosistem Android. GameStick juga mengklaim telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 250 pengembang game, mencakup nama-nama besar di industri mobile game seperti Madfinger, Hutch, dan Disney.

Rencananya GameStick akan mulai dipasarkan pada Maret 2013 dan ditargetkan sampai di tangan konsumen pada April 2013. Saat ini, GameStick telah memiliki prototipe yang sudah berfungsi dan mengklaim telah mencapai progres 90 persen dari target pra-produksi. Untuk mengejar target rilis ini, GameStick melakukan penggalangan dana melalui situs Kickstarter. Seperti halnya Ouya, animo para donatur pun cukup tinggi terhadap GameStick. Hingga saat tulisan ini dibuat, penggalangan dana GameStick sudah mencapai $132.234 dari 1.342 donatur, melebihi target $100.000. Padahal penggalangan dana ini masih menyisakan 28 hari lagi. Untuk menyimak lebih lengkap tentang perangkat ini, Anda bisa mengunjungi halaman penggalangan dananya di situs Kickstarter.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again