Gandeng Storyful, Google Rilis YouTube Newswire

Layanan berbagi video, YouTube baru saja mengumumkan sebuah program baru yang disebut YouTube Newswire. Sebuah program feed yang akan menayangkan video saksi mata terverifikasi dalam lingkup global dan regional.

Untuk merealisasikan program ini, YouTube telah menggandeng sebuah startup bernama Storyful yang akan bertugas melakukan verifikasi konten-konten berita video yang diunggah oleh pengguna YouTube dari seluruh belahan dunia.

Newswire akan menampilkan klip-klip yang sudah diverifikasi oleh Storyful terkait dengan kejadian atau insiden besar. Dengan harapan dapat menjadi sumber tambahan bagi para jurnalist dan juga dapat menjadi modal untuk menghindari berita hoax.

Info Menarik: Manjakan Gamer, Google Perkenalkan Layanan Baru, YouTube Gaming

Di zaman serba canggih sekarang ini orang bisa dengan mudah merekam video suatu insiden dari ponsel mereka. Namun ada perdebatan yang masih terjadi hingga kini, yakni terkait sulitnya melakukan verifikasi informasi yang datangnya dari sumber yang tidak mempunyai cukup rekam jejak di dunia media jurnalisme.

Kondisi ini membuat organisasi berita sulit mempercayainya begitu saja. Nah, YouTube Newswire ini diharapkan dapat menjadi sumber yang dapat dipercaya guna memastikan berita tersebut valid dan dapat digunakan sebagai rujukan.

Umpan yang ditampilkan oleh Newswire dapat disematkan dari sumber asli, konten-konten tersebut dapat menjadi saksi mata yang akan menambah nilai suatu berita.

Kerjasama antara Google dan Storyful sendiri sudah dimulai sejak tahun 2011 lalu ketika kerusuhan besar terjadi di Tahrir Square. Tidak hanya Google, tahun lalu mereka juga digandeng oleh Facebook yang meluncurkan program serupa.

Sumber berita YoutubeGlobal dan gambar header: YouTube.com.