7 January 2016

by Glenn Kaonang

Garmin Varia Vision Suguhkan Heads-Up Display untuk Pesepeda

Dapat dijepitkan ke kacamata apapun, baik di sisi kiri maupun kanan

Tahun lalu, Garmin memperkenalkan lini produk baru bernama Varia, dengan misi mulia yakni mengurangi angka cedera yang dialami para pesepeda. Enam bulan berselang, kini Garmin sudah siap mengungkap anggota terbaru dari lini tersebut, yang dipamerkan langsung ke hadapan pengunjung CES 2016.

Dijuluki Garmin Varia Vision, perangkat ini punya tujuan untuk menyajikan informasi penting dengan cara yang lebih intuitif ketimbang alat GPS navigator standar. Merujuk namanya, sebenarnya kita bisa menduga bahwa perangkat ini ada hubungannya dengan mata pengguna. Dan benar saja, Anda boleh menganggapnya sebagai Google Glass-nya penggiat olahraga bersepeda.

Namun tidak seperti Google Glass, Varia Vision hanya merupakan sebuah aksesori pelengkap yang bisa Anda jepitkan ke frame kacamata – baik di sisi kiri ataupun kanan – menyulap kacamata apapun menjadi sebuah heads-up display (HUD) yang informatif dan mudah dipahami tanpa mengganggu konsentrasi ketika berada di jalanan.

Sebuah layar kecil akan menampilkan sederet info, mulai dari data performa, panduan navigasi sampai notifikasi yang berasal dari smartphone. Tapi informasi tersebut tidak dikumpulkan dengan sendirinya, melainkan diteruskan dari perangkat yang kompatibel macam navigator Edge 1000 ataupun Varia Rearview Radar.

Sepintas memang terkesan terlalu rumit karena membutuhkan kehadiran perangkat lain. Akan tetapi hal ini justru bisa membuka potensi Varia Vision lebih luas lagi. Contohnya, ketika dipasangkan dengan Varia Rearview Radar, Varia Vision akan menampilkan peringatan terkait mobil ataupun kendaraan lain yang sedang melaju di belakang pesepeda, sehingga pada akhirnya mereka bisa lebih berhati-hati dan waspada terhadap kondisi lalu lintas yang seringkali tak terduga.

Untuk mengendalikan Varia Vision, pengguna bisa memanfaatkan panel sentuh yang berada di bagian sisi, tepat di sebelah frame kacamata. Panel sentuh ini bisa beroperasi meski pengguna memakai sarung tangan atau tangannya basah. Secara keseluruhan, Varia Vision sendiri tahan air sehingga hujan-hujanan sambil mengayuh masih mungkin dilakukan bersamanya.

Ide yang ditawarkan Garmin Varia Vision terdengar menarik, terlebih kalau Anda sudah punya perangkat navigator yang kompatibel ataupun Varia Rearview Radar tadi. Harganya $400, semahal kacamata brand kenamaan itu sendiri.

Sumber: Garmin.