1 October 2015

by Yoga Wisesa

Gemar Ber-Selfie? LG V10 Punya 2 Kamera Depan Plus 'Layar Kedua'

Perangkat mobile mempersempit jarak antara kelas mainstream dan 'pro'. Perhatikan saja fotografi dan lihat bagaimana kini selfie menjadi nilai jual handset dari mulai entry-level sampai top-end. Hampir semuanya menjanjikan kinerja kamera mumpuni, namun persaingan bisa jadi semakin menarik karena LG memutuskan untuk mengusung teknologi unik di produk barunya.

Didesain untuk menjadi medium Anda berkreasi, LG mengungkap V10, smartphone pertama di keluarga 'V'. Ia dijanjikan sanggup menyuguhkan pengalaman multimedia yang kaya, baik buat menikmati atau menciptakan konten. Spesifikasi jeroannya tidak terlalu berbeda dari model flagship G4, tapi sejumlah fitur menyebabkan V10 terasa distingtif. Di antara banyak key selling point, ada tiga yang betul-betul signifikan: dua kamera depan, layar tambahan, dan mode video manual.

Demi memuaskan hasrat pecinta selfie, LG membubuhkan sepasang kamera 5-megapixel di depan. Gunanya? Untuk meminimalisir distorsi, terutama di area pojok foto. Kamera dapat menjepret selfie standard seluas 80 derajat atau 120 derajat, tanpa mengharuskan Anda menggerakkan handset dan mengakibatkan naiknya persentase getaran. Buat wide-angle, software V10 mampu menyatukan dua gambar dari masing-masing lensa, bahkan sanggup menyajikan dua perspektif.

Berkatnya, groupfie jadi jauh lebih mudah. Masih belum puas? Ketiga kamera tersebut dapat diaktifkan bersama-sama lewat mode Multiview Recording. LG tampaknya memang fokus pada self-portrait, tak repot-repot mengadopsi kapabilitas kreasi gambar-gambar 3D. Buat fotografi standard, LG membenamkan sensor 16-megapixel dengan aperture f/1.8 dan sistem OIS 2.0.

Info menarik: Usung LTE, Smartwatch LG Watch Urbane 2 Bisa Berfungsi Secara Mandiri

Layar kedua sebesar 2,1-inci sendiri berada di depan menemani display QHD 5,7-inci. Fungsinya adalah menampilkan info cuaca, tanggal, baterai, notifikasi, akses menu setting serta shortcut app. Ia bekerja secara independen dan selalu menyala, tapi Anda tak perlu cemas karena Second Screen dijamin tidak akan menguras baterai.

LG V10 juga diklaim sebagai smartphone pertama yang menawarkan kemampuan perekaman full manual, di mana Anda dipersilakan mengkonfigurasi setting shutter speed, frame rate, ISO, white balance dan fokus. Pilihan hasil videonya meliputi 720p, 1080p serta 4K.

Dalam penampilan premium kombinasi baja stainless dan silikon Dura Guard penyerap benturan, Anda akan menemukan SoC Qualcomm Snapdragon 808, RAM 4GB, flash memory 64GB plus kompatibilitas microSD 2TB, ditenagai baterai removable 3.000mAh. Handset berjalan di platform Android 5.1.1 Lollipop, ditopang jaringan 4G LTE-Advanced Cat 6.

LG V10 rencananya akan mulai dipasarkan di Korea pada bulan ini, kemudian menyusul di Amerika, Amerika Latin, China dan beberapa negara Asia, serta Timur Tengah. Sayang LG belum menyingkap berapa harganya.

Via The Verge. Sumber LG News Room.