Categories

Gadget

Usung LTE, Smartwatch LG Watch Urbane 2 Bisa Berfungsi Secara Mandiri

Glenn Kaonang - 1 October 2015

Sejauh ini kita bisa beranggapan bahwa smartwatch memang ditakdirkan untuk menjadi pelengkap smartphone. Namun apakah hal itu berarti potensi smartwatch menjadi alat komunikasi utama benar-benar tertutup? Tidak juga, demikian menurut LG.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, LG pun mengumumkan kehadiran smartwatch terbarunya, LG Watch Urbane 2. Keunggulan utamanya? Ia diklaim sebagai smartwatch Android Wear pertama yang mengemas konektivitas seluler, LTE pula. Jadi dengan kata lain, ia bisa berfungsi secara mandiri tanpa harus di-pair ke smartphone sekalipun.

Yup, smartwatch ini bisa digunakan untuk menelepon via jaringan seluler. Pengguna juga bisa menikmati musik bersamanya, dengan bantuan headphone Bluetooth. Dan saat hendak beraktivitas, LG Watch Urbane 2 akan mengukur hampir semua parameter yang dianggap penting, mulai dari laju jantung sampai stabilitas emosi pengguna.

Info menarik: Usung Android 6.0 Marshmallow, LG Nexus 5X Resmi Diperkenalkan

Soal spesifikasi, LG Watch Urbane 2 juga tak mau main-main. Ia mengemas layar P-OLED 1,38 inci beresolusi 480 x 480 pixel (348 ppi). Layar ini diyakini sebagai yang paling tajam resolusinya di kancah smartwatch saat ini.

Chipset Qualcomm Snapdragon 400 dipercaya menjadi otak dari kemampuan komputasinya. LG Watch Urbane datang bersama storage 4 GB sehingga Anda bisa menyimpan cukup banyak file lagu di dalamnya. Konektivitasnya mencakup Wi-Fi, Bluetooth 4.1, dan sekali lagi, 4G/LTE.

Tentunya kemampuan komputasi ini tak akan cukup tanpa kehadiran sensor-sensor yang lengkap. Untuk itu, LG membekali Watch Urbane 2 dengan accelerometer, gyroscope, kompas, barometer sampai dengan GPS. Jadi, smartwatch ini bisa mengukur kecepatan Anda bergerak tanpa harus 'menumpang' GPS milik smartphone.

Info menarik: Skype Kini Tersedia di Android Wear, Bantu Pengguna Merespon Lebih Cepat

Desain LG Watch Urbane 2 sendiri tetap mengacu pada arloji tradisional seperti pendahulunya. Case berbahan stainless steel-nya memiliki diameter 44,5 mm, sedikit lebih besar dibanding smartwatch lain, tapi hal itu juga berujung pada kapasitas baterai yang cukup besar, tepatnya 570 mAh. Smartwatch ini tahan air dengan sertifikasi IP67.

Di sebelah kanan layar, Anda akan menjumpai tiga buah tombol – satu merangkap sebagai crown. Tombol-tombol ini berfungsi untuk memberikan akses cepat ke sejumlah aplikasi seperti kontak maupun LG Health. Akses cepat ke aplikasi kontak ini krusial karena LG Watch Urbane 2 memang dipasarkan sebagai alat komunikasi, bukan sekedar pelengkap smartphone saja.

Kendati demikian, Anda tetap bisa menggunakannya secara bersamaan dengan smartphone. LG Watch Urbane 2 kompatibel dengan perangkat Android maupun iOS, sehingga ia bisa menjadi pertimbangan konsumen secara luas.

LG rencananya akan memasarkan Watch Urbane 2 di AS dan Korea terlebih dulu, baru menyusul ke kawasan lainnya. Sejauh ini belum ada informasi soal harga maupun jadwal perilisannya.

Sumber: LG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter