Genap Berumur 8 Tahun, Twitter Ajak Pengguna Bernostalgia dengan Melihat 'Tweet Pertama'

Twitter genap sudah berusia 8 tahun, sejak diluncurkan pada 2006 silam situs ini perlahan namun pasti menjadi tempat bagi jutaan orang mengekspreksikan ide, unek-unek, informasi, serta berbagai hal lain.

Untuk mengenang kembali masa-masa itu, Twitter mengajak Anda bernostalgia melihat tweet pertama saat bergabung ke layanan mereka.

Tapi sebelum kita bernostalgia, tak ada salah salahnya kita bahas sedikit perjalanan Twitter mulai dari masa embrio hingga menjadi layanan jejaring sosial terbesar kedua setelah Facebook.

Twitter didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone and Noah Glass pada bulan Maret 2006 dan bulan Juli tahun yang sama situsnya diluncurkan. Konsepnya dari awal memang merupakan situs mikroblog yang terbatas pada pesan berjumlah 140 karakter yang kemudian dikenal dengan sebutan tweet dan dalam waktu singkat menjadi satu dari 10 situs paling sering dikunjungi.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Fan Page Facebook

 

Dari tahun ke tahun Twitter kian populer, per Januari 2013 pengguna yang terdaftar di situs tersebut sudah menyentuh angka 500 juta orang, 200 juta di antaranya merupakan pengguna aktif dengan total tweet mencapai 340 juta tweet per hari.

November silam Twitter resmi go publik, dengan membuka penawaran harga saham sebesar $26 di mana terdapat 700 juta lembar saham yang akan tersedia di lantai bursa. Dengan jumlah sebanyak itu, Twitter diperkirakan akan meraup dana segar sejumlah $1,8 miliar dengan valuasi perusahaan sebesar $18.1 miliar.

Nah, itu tadi sekilas perjalanan Twitter selama 8 tahun terakhir, sebuah transformasi yang mengesankan, bermula dari sebuah layanan dengan rancangan sederhana menjadi situs beraset miliaran Dollar.

Merayakan hari jadinya yang ke delapan, Twitter seperti tak ingin disebut kacang lupa kulitnya, dengan kemudian mengajak pengguna setianya untuk bernostalgia melihat tweet pertama saat pertama kali bergabung ke layanan mereka. Sebuah halaman khusus sudah disediakan oleh Twitter yang bisa Anda akses melalui tautan ini.

Seperti ini halaman yang nanti Anda temukan.

 

Info Menarik: Micro Phone Lens 150x Akan Mengubah Smartphone Anda Menjadi Mikroskop

Di kotak yang telah disediakan, silahkan ketikkan nama pengguna, boleh siapapun kemudian tekan enter. Nanti di halaman bawah akan muncul tweet pertama pengguna tersebut, jika Anda ingin bergabung dalam perayaan ulang tahun Twitter seperti yang dilakukan pesohor lainnya, silahkan klik tombol TweetIt!.

Itu tadi tweet pertama akun Trenologi, mulai merasa penasaran kan seperti apa tweet pertama sobat Trenogoers? Silahkan dicoba sendiri dan rayakan hari istimewa ini dengan bernostalgia bersama jutaan pengguna Twitter lainnya.

Sumber berita Theverge, Wikipedia dan gambar header: Twitter via Shutterstock