21 January 2014

by Yoga Wisesa

Genius Traveler D6600, Mouse Untuk Notebook, Smartphone dan Tablet?

Meningkatnya fungsionalitas tablet membuat kita berpikir, "Bagaimana nasib para produsen periferal PC saat angka penjualan notebook dan komputer personal terus menurun?" Berita gembira, mereka merasa baik-baik saja. Ada beberapa hal yang tidak bisa tergantikan oleh layar sentuh, beberapa contohnya adalah tingkat produktivitas mengetik dengan keyboard dan keakuratan yang disajikan oleh mouse.

Genius, sang produsen periferal awasl Taiwan, mengerti hal ini. Menariknya, pengembangan dan riset periferal mereka tidak berhenti sampai di sini. Genius mencari sebuah cara agar perangkat mouse bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk mengakses komputer, tetapi juga bisa digunakan di device tablet dan smartphone. Akhirnya mereka berhasil merancang sebuah mouse 'serba-bisa' dan menjadi anggota baru seri Traveler, Traveler D6600.

 

Info menarik: Hadiah Gadget Paling Populer Selama 50 Tahun

 

D6600 dirancang dengan grip karet lembut yang memastikan Anda tetap nyaman saat menggenggamnya. Sebagai sumber tenaga, Anda bisa menggunakan baik baterai tipe AA atau AAA yang lebih kecil - di dalamnya terdapat kompartemen yang memungkinkan kedua tipe baterai dapat masuk ke dalam. Terdapat sebuah ruang untuk menyimpan receiver kecil jika Anda memutuskan untuk membawanya pergi.

Mouse ini didukung dengan konektivitas berteknologi bi-directional 2.4GHz. Bukan hanya memiliki fitur anti-interference, jarak penggunaan D6600 juga sangat jauh: hingga 10 meter dari reciever. Namun sebuah hal yang membuatnya sangat spesial adalah kompatibiltas dengan perangkat mobile.

Genius menyertai Traveler D6600 dengan kabel OTG yang kompatibel dengan tablet atau smartphone bersistem operasi Android 4.0 hingga yang terbaru. Ia juga memiliki sensor optik sebesar 1200dpi yang membuat kontrol mouse terasa nyaman dan akurat. Seperti produk mereka lainnya, Genius sengaja tidak menggunakan desain ergonomis dan lebih memilih rancangan 'ambidexterous' sehingga nyaman digunakan oleh pengguna yang normal ataupun kidal.

 

Info menarik: Aplikasi Pencatatan Blastnote Utamakan Fungsi Esensial, Hindari Fitur Registrasi

 

Dengan tetap mengingat pada konsep mobilitas device yang didukung D6600, Genius tidak melupakan satu hal: mereka melengkapi periferal ini dengan mounting Stick-N-Go, dimana Anda bisa menempelkan mouse pada notebook tanpa perlu khawatir lupa membawanya.

Satu hal lagi, dengan fleksibilitas seperti ini, bagaimana dengan harganya? Seperti produk Genius lain, mereka tidak pernah menyajikan harga yang terlalu mahal. Traveler D6600 hanya dibanderol sebesar US$ 29,9, harga standar untuk sebuah mouse multimedia.