Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box Adalah Salah Satu eGPU Paling Perkasa yang Dilengkapi Liquid Cooling

Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box Adalah Salah Satu eGPU Paling Perkasa yang Dilengkapi Liquid Cooling

Cuma $300 lebih mahal dari kartu grafisnya sendiri
Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box / Gigabyte
Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box / Gigabyte

GPU eksternal (eGPU) adalah solusi praktis bagi pengguna laptop yang hendak meningkatkan performa gaming perangkatnya secara drastis. Sedrastis apa memangnya? Untuk laptop biasa, peningkatannya jelas sangat signifikan, tapi bagaimana untuk laptop gaming yang pada dasarnya telah dibekali GPU terpisah selain yang terintegrasi dengan prosesornya?

Jawabannya tergantung pada eGPU yang disambungkan. Produk seperti Razer Core X mempersilakan konsumen memasangkan GPU pilihannya sendiri, sehingga performanya jelas berbeda dari satu konsumen ke yang lain. Tidak demikian dengan produk terbaru Gigabyte, yang ingin memastikan konsumen mendapat performa tertinggi dari sebuah eGPU.

Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box

Melihat namanya, Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box, jelas sekali bahwa kartu grafis yang terpasang adalah salah satu model paling perkasa yang Nvidia tawarkan saat ini. Namun sekadar menyimpan GPU super kencang di dalam boks kecil tanpa melengkapinya dengan sistem pendinginan yang optimal jelas bukan suatu tindakan yang bijak.

Untuk itu, Gigabyte turut menyematkan sistem liquid cooling guna memastikan RTX 2080 Ti yang terpasang bisa bekerja menyalurkan dongkrakan performa via sambungan Thunderbolt 3 secara maksimal. Sistem liquid cooling ini melibatkan sebuah radiator 240 mm dan sepasang kipas 120 mm, sehingga bisa dipastikan suaranya tidak terlalu berisik saat tengah beroperasi.

Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box

Selain Thunderbolt 3, konektivitas perangkat ini mencakup tiga port DisplayPort 1.4 dan satu port HDMI 2.0b untuk menyambungkan monitor eksternal. Konsumen yang hendak menggunakannya bersama VR headset juga bakal dimudahkan berkat kehadiran port USB-C VirtualLink. Terakhir, ada port Gigabit Ethernet beserta tiga port USB 3.0 untuk menyambungkan sejumlah periferal tambahan.

Jika dilihat sepintas, perangkat dengan dimensi 300 x 173 x 140 mm ini cukup mirip seperti PC berformat Mini-ITX, sehingga cukup mengesankan melihat ia mampu menawarkan performa grafis sekelas gaming PC high-end. Bobotnya berkisar 3,8 kilogram, akan tetapi Gigabyte turut menyertakan sebuah tas jinjing agar penggunaannya tidak terbatas di lingkungan rumah saja.

Pertanyaan terakhir, seberapa mahal harga Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box? Gigabyte memasang banderol $1.499, dan itu cukup rasional mengingat kartu grafisnya sendiri dihargai $1.199 jika Anda membelinya secara terpisah. Anggap $300 sisanya sebagai biaya untuk menebus power supply unit (PSU) sekaligus sistem liquid cooling yang menyertainya.

Sumber: AnandTech.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…