Categories

Mobile

Gmail Bukukan Rekor 1 Miliar Pengguna Aktif

Pencapaian ini mensejajarkan Gmail dengan Google Search, Chrome dan Google Play

Bambang Winarso - 3 February 2016

Tak mau kalah dengan WhatsApp, Google pun menorehkan rekor serupa di mana layanan emailnya, Gmail berhasil merangkul 1 miliar pengguna aktif bulanan. Angka ini naik dari pengumuman lalu di ajang I/O developer conference sebanyak 900 juta.

Dengan pencapaian impresif ini, maka Gmail resmi bergabung ke dalam klub 1 miliar pengguna menyusul sejumlah layanan kepunyaan Google, antara lain Google Search, Chrome, Android, Maps, YouTube dan Google Play.

Sundar Pichai juga mengatakan 10 persen akun di aplikasi mobile  menggunakan smart replies untuk menjawab pesan yang diterimanya secara otomatis. Fitur smart repliesdiperkenalkan pada tahun lalu, menawarkan pengguna kemudahan dan kecepatan dalam menjawab pesan.

Dalam pengumuman update yang dipublikasikan terakhir kali, dikatakan bahwa hampir 75% pengguna Gmail mengakses akun mereka dari perangkat mobile. Angka ini tampaknya tak banyak berubah di laporan terbaru ini, sehingga Google tak memberikan rincian terbarunya. Peluncuran Inbox yang memang masih berupa produk eksperimen disinyalir membantu mendorong pengguna untuk menggunakan Gmail.

Selain itu, pertumbuhan pengguna Android sudah barang tentu menjadi faktor paling signifikan meningkatkan penggunaan Gmail. Kita tahu bahwa setiap perangkat Android "diwajibkan" menggunakan akun Gmail untuk dapat mengakses Play Store dan menikmati berbagai layanan di dalamnya mulai dari mengunduh aplikasi, game, membaca buku, mendengarkan musik hingga film.

Sumber berita Theverge dan gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter