1. Startup

Google Application Store, Semakin Dekat?

Tanggal 8 Februari kemarin Google meluncurkan sebuah blog resmi yang mengindikasikan bahwa kabar mengenai Google yang berencana untuk membuka toko aplikasi bagi layanan web mereka, semakin memberi tanda-tanda kenyataan.

Meski kabar ini belum resmi di komentari oleh Google, karena mereka sepertinya sibuk mempersiapkan fitur baru di Gmail, namun seperti yang ditulis The Next Web, bahwa peluncuran blog baru ini mungkin saja mengarah semakin dekat pada Google Apps Store.

Blog baru ini bernama Google Apps Developer Blog, dan seperti yang dijelaskan di postingan perdana mereka di blog itu, Google Apps Developer Blog diperuntukkan bagi para developer yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis Google Apps. Blog ini nantinya akan meliput berbagai topik yang berkaitan dengan pengembangan Google Apps oleh para developer, termasuk pengumuman tentang berbagai event yang berkaitan dengan kegiatan para developer Google Apps.

Juga akan mencakup topik-topik seperti, review dari konsumen tentang integrasi produk Google serta penyebaran hal-hal yang berkaitan dengan integrasi ini, kemudian topik wawancara dengan para developer tentang cara-cara mengembangkan aplikasi, lalu pemilihan most-requested developer extensions, serta berbagai topik lainnya.

Google Apps sendiri merupakan kumpulan produk Google, seperti email dan aplikasi kerja Google Docs yang diperuntukkan bagi kalangan bisnis, alias berbayar. Beberapa keunggulan yang ingin ditawarkan versi bisnis ini, misalnya untuk Gmail, storage bisa mencapai 25 GB perpengguna, lalu penghematan biaya yang juga ingin ditawarkan Google dengan layanan kolaborasi yang didukung web seperti Google Docs, Google Sites, Google Video, serta aplikasi kolaborasi untuk bisnis.

Seperti yang pernah ditulis DailySocial, Google sendiri sudah mempunyai Solutions Marketplace sebagai tempat penghubung bagi para developer Google Product dengan para pengguna alias konsumen. Pertanyaannya adalah, apakah Google Apps Developer Blog ini untuk menunjang Solutions Marketplace atau justru sebagai jalan untuk menyatukan Google Apps + Solutions Marketplace menjadi satu entitas di Google Apps Store?

Semoga saja setelah posting pertama di Google Apps Developer kemarin, blog tersebut menjadi titik terang untuk memperjelas tentang kabar Google Apps, untuk sementara anda bisa meluncur ke link ini, untuk melihat blog untuk para developer Google Apps.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again