1. DScovery

Google Forms: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Merupakan layanan dari Google yang memudahkan penggunanya dalam membuat survei kuesioner, formulir, atau semacamnya

Google Forms sendiri merupakan layanan Google yang memudahkan pengguna untuk membuat survey, polling, form, dll secara online atau digital. Dengan fitur ini, tidak mengherankan jika banyak individu, organisasi, dan bisnis menggunakan layanan ini untuk berbagai tujuan. Seperti membangun relasi dan menjalin hubungan dengan siapapun untuk mendapatkan hasil penelitian tentang topik tertentu.

Namun, jika kamu belum pernah menggunakan layanan Google Forms, wajar jika kamu bingung dan tidak tahu cara menggunakannya secara efektif. Jangan khawatir, karena DailySocial.id akan menjelaskannya padamu!

Pengertian dan Fungsi Google Forms

Secara umum, Google Forms berarti layanan yang memungkinkan pengguna dengan mudah membuat survei, formulir berbasis online dengan pertanyaan, atau survei yang dapat disesuaikan oleh pembuatnya. Layanan tersebut memberikan kemudahan untuk mendapatkan tanggapan dan data dari masyarakat atau audiens secara langsung mengisi survei.

Karena online dan dapat diakses oleh siapa saja yang menginginkannya, Google Formulir adalah cara yang efektif dan nyaman untuk mendapatkan informasi spesifik. Membuat Formulir Google juga sangat mudah, dan siapa saja yang memahami cara kerja komputer dan Internet dapat melakukannya.

Fungsi yang ditawarkan oleh layanan ini sendiri, di antaranya:

Pembuatan Survei

Salah satu fitur utama dari layanan Google Forms adalah kemampuan untuk membuat survei dalam format formulir. Formulir memungkinkan kamu untuk memasukkan kritik, ulasan, saran, umpan balik atau umpan balik, data evaluasi, dan kebutuhan formulir survei. Fitur survei Google Formulir umumnya digunakan dalam bisnis, pendidikan, dan penelitian ilmiah.

Formulir Lamaran Jabatan

Fitur kedua dari Google Forms adalah pembuatan aplikasi. Dengan banyaknya bisnis atau institusi yang memberlakukan ketentuan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini, sejumlah besar wilayah kerja kini melakukan aktivitas secara online dan jarak jauh. Akibatnya, banyak perusahaan menggunakan layanan ini untuk memposting daftar pekerjaan mereka secara online.

Fitur Google Formulir tidak hanya lebih nyaman dan lebih cepat, tetapi juga membantu kamu menjangkau lebih banyak pelamar yang memenuhi syarat. Dengan cara ini, perusahaan dapat memperoleh sumber daya yang lebih berkualitas dan memaksimalkan operasinya untuk mencapai tujuan atau keuntungannya.

Lembar Kerja

Kamu juga dapat menggunakan Google Formulir untuk membuat formulir yang kamu isi dalam spreadsheet. Informasi atau data yang digunakan dalam suatu formulir biasanya terkait dengan formulir seperti unggahan dokumen, penyelesaian akademik, esai atau formulir pilihan ganda.

Pembelian Produk

Terakhir, Google Formulir juga dapat digunakan untuk membuat formulir pembelian untuk layanan atau produk. Ini menghilangkan kebutuhan pengguna untuk mendapatkan hasil penjualan produk secara manual melalui media tradisional. Ini membuat semua informasi dari formulir ditangkap dengan lebih baik dan lebih mudah diakses.

Pada intinya, Google Forms adalah layanan nyaman yang memungkinkan pengguna membuat dan mengumpulkan atau mengumpulkan data yang mereka butuhkan dengan mudah. Penyimpanan data dengan layanan ini tidak hanya mudah dan nyaman, tetapi juga real-time dan dapat diakses secara online untuk semua orang.

Oleh karena itu, tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga hanya untuk mencetak dokumen, file, dll.

Langkah Mudah Membuat Google Forms

Membuat Kuesioner

  1. Membuka layanan Google Forms, lalu tentukan template. Kamu bisa menyesuaikan template dengan keinginan atau selera, atau memilih template dasar atau blank dengan latar belakang putih polos.
  2. Kemudian, isi judul. Kamu bisa melihat kotak dialog dengan tulisan “Untitled Form” yang mempunyai ukuran huruf cukup besar. Pilih kolom tersebut untuk menuliskan judul kuesionernya.
  3. Selesai mengisi judul, kamu bisa mengisi deskripsi pada kolom “form description” untuk menjelaskan tentang maksud dibuatnya kuesioner tersebut. Usahakan untuk mengisi kolom deskripsi tersebut dengan jelas dan rinci agar orang yang menerima kuesioner lebih mudah memahami tujuan dari formulir tersebut.
  4. Lalu, kamu bisa mulai mengisi formulir kuesioner tersebut dengan pertanyaan di kolom “question” yang berada di bawah kolom deskripsi. Pengguna juga dapat menentukan jenis pertanyaan seperti apa yang bakal dibuatnya, apakah pilihan ganda atau esai pendek. Ada pula pilihan jawaban paragraph yang membuat pertanyaan bisa dijawab dengan jawaban yang lebih panjang.
  5. Terakhir, setelah mengisi seluruh pertanyaan yang ingin dimasukkan, kamu perlu mengirim kuesioner tersebut ke audiens yang telah ditentukan.

Membuat Formulir Pendaftaran

Membuat formulir pendaftaran via Google Form sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kuesioner.

  1. Menentukan template. 
  2. Kemudian, isi judul serta deskripsi formulir pendaftaran, dan susun pertanyaan yang ingin dimasukkan.
  3. Namun, formulir pendaftaran dari Google Form ini biasanya tak memiliki opsi pilihan ganda selayaknya kuesioner, hanya esai pendek dan paragraf saja. Walaupun begitu, kalau memang diperlukan, kamu tetap bisa mengisi formulir tersebut dengan multiple choice. 
  4. Langkah terakhir, kirimkan formulir pendaftaran tersebut ke alamat e-mail yang dituju. Kamu juga bisa membagikan link atau tautan Google Form tersebut dengan cara copy link ke media sosial atau platform lainnya sesuai kebutuhan.

Itulah penjelasan sederhana mengenai google forms, semoga artikel ini membantumu!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again