1 November 2013

by Bambang Winarso

Google Nexus 5 Resmi Dirilis, Usung Layar 4,95 Inci dan OS Android KitKat

Akhirnya, setelah muncul di sejumlah rumor dan kabar burung, perangkat teranyar Google Nexus 5 resmi dirilis oleh Google melalui website resmi mereka. Pengumuman ini sekaligus mengakhiri saga yang sempat bergulir liar, di mana dalam beberapa kesempatan TRL juga sempat mengulas beberapa di antaranya.

Seperti yang disebutkan dalam serangkaian rumor, Google Nexus mengusung sistem operasi Android terbaru 4.4 KitKat. Tersedia dalam dua model, pertama model 16GB yang dilepas dengan banderol $349 dan model 32GB seharga $399. Perangkat ini dilepas tanpa kontrak di Google Play untuk beberapa negara seperti Amerika, Kanada, Inggris, Australia, Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Spanyol dan Korea akan menyusul hari ini. Google Nexus 5 juga segera menyambangi India dan beberapa negara lainnya, Google menggandeng retailer seperti Sprint, T-Mobile, Amazon, Radioshack dan Best Buy untuk memasarkan Nexus 5 ini.

Seperti yang diberitakan dalam rumor sebelumnya, Nexus 5 menggunakan layar 4,95 inci dengan teknologi IPS 445 pixpel per inch yang sudah terlindungi oleh kehadiran Corning Gorilla Glass 3.

Menopang segala operasional perangkat ada prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 800 2,3GHz yang ditopang oleh RAM berkapasitas 2GB. Sisi kamera menawarkan daya tarik tersendiri di mana di bagian depan terdapat kamera 1,3 megapiksel dan di bagian belakang terdapat kamera 8 Megapiksel, meski lebih kecil dibandingkan kamera LG G2 namun dipersenjatai dengan fitur OIS atau optical image stabilization yang juga diusung LG G2.

Menariknya, Google Nexus 5 diklaim sudah diperkaya dengan fitur baru yang bernama HDR+, sebagai informasi, fitur HDR ini adalah salah satu dari sekian fitur teranyar Google+ yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Dengan fitur ini, pastinya Nexus 5 mempunyai nilai tambah yang menggoda, terutama penggemar fotografi.

Namun sayang, kesempurnaan spesifikasi Nexus tak diimbangi di sisi baterai yang hanya menggunakan komponen dengan kapasitas 2300mAh, belum diketahui dengan pasti apakah baterai yang ditanamkan bisa dilepas atau tidak.

Meski begitu, Google menyebut Nexus 5 sebagai generasi Nexus yang paling cepat dan paling langsing. Pernyataan ini pastinya berkaca pada dukungan LTE 4G dan juga fitur WiFi yang konon katanya punya kecepatan tinggi. Selain itu terdapat beberapa fitur lain yang akan memenuhi ekpektasi Anda seperti microUSB, SlimPort, audio jack 3,5mm dan juga dual microphones.

Berikut adalah spesifikasi lengkap Google Nexus 5

Layar IPS 4,95 inci full HD, Gorilla Glass 3
Snapdragon 800 processor 2.3GHz, RAM 2GB
Wireless Charging
Android 4.4 KitKat
Kamera depan 1,3MP dan kamera belakang 8MP dengan teknologi OIS
4G LTE dan WiFi
baterai 2300 mAh
Warna hitam dan putih
$349 (16GB), $399 (32GB) — unlocked
69.17 x 137.84 x 8.59mm, 4.59 ons (130g)
Tersedia di: Sprint, T-Mobile, Amazon, Best Buy and RadioShack

Dengan spesifikasi yang diuraikan di atas, menurut Anda sudahkah Nexus 5 memenuhi ekspektasi penggemarnya? Tentu tak adil menilainya sekarang, kita lihat saja bagaimana respon konsumen terhadap perangkat terbaru Google ini.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar headerGoogle