Categories

Mobile

Google Rilis Inbox, Aplikasi Untuk Para ‘Email Addict’

wiku - 23 October 2014

Google baru saja mengumumkan aplikasi email bernama Inbox. Aplikasi ini terpisah dari aplikasi Gmail untuk perangkat bergerak.

Inbox adalah usaha lain dari Google untuk memudahkan pengguna dalam hidup sehari-hari bersama dengan email. Tentunya di era sekarang, meski banyak cara berkomunikasi lain, email masih jadi bagian penting atau default dalam komunikasi berbasis internet.

Aplikasi ini berguna untuk memudahkan pengguna menemukan atau mengatur email penting atau yang memang yang ingin d baca. Tampilannya simple dan membantu fokus untuk mereka yang sangat sering menggunakan email, atau mereka yang tidak mau terdistraksi dan benar-benar ingin membaca email yang dibutuhkan dan menyelesaikan pekerjaan atau kegiatan.

Aplikasi ini juga membantu Anda mengorganisasikan email dengan bantuan kategori yang juga telah diperkenalkan di Gmail tahun lalu. Anda juga bisa mengajarkan Inbox atas email apa yang ingin Anda masukan kategori tertentu.

 

Info menarik: PhotoMath Bantu Selesaikan Soal Matematika Berbekal Kamera Smartphone

 

Inbox akan memberikan perhatian khusus pada email-email penting, seperti jadwal penerbangan. Bahkan aplikasi ini akan menampilkan informasi lain terkait hal-hal penting, misal untuk email penerbangan akan ada informasi tentang status penerbangan atau informasi lain dari web yang tidak ada di email asli.

Inbox juga akan memudahkan Anda untuk membuat pengingat, Anda bisa menambahkan ‘reminder’ pada aplikasi ini untuk membantu memberikan pengiat ketika waktunya telah tiba untuk melakukan hal yang telah Anda susun sebelumnya. Termasuk fasilitas untuk menundanya (snooze) jika Anda memilih demikian.

Dalam fitur reminder atau email, Inbox juga akan menyertakan fitur bantuan yang menambahkan berbagai informasi terkait dengan apa yang sedang Anda hadapi.

Inbox tidak bisa diunduh atau digunakan secara terbuka, Anda yang ingin mencobanya bisa mengirimkan email ke inbox@gmail.com dan menunggu giliran untuk bisa mencoba.

Beberapa situs teknologi telah membuat review atau hands-on atas aplikasi baru buatan tim yang juga ada di belakang layanan Gmail. Dari yang saya baca, termasuk penjelasan Google sendiri, fitur yang ada sepertinya menarik, apalagi bagi mereka yang memang menjadi pengguna serius email atau yang dalam sehari bisa mendapatkan banyak kiriman email dan ingin mengatur dan mengorganisasikan dengan lebih baik.

 

Info menarik: Oppo Siap Hadirkan Pilihan Baru Headphone Premium Seri PM

Meski demikian, Inbox ini tentunya akan bersaing dengan berbagai aplikasi email lain yang telah tersedia di pasaran. Di sisi lain, Google tentunya punya kelebihan lain, mereka adalah pemilik Gmail yang notabene adalah layanan dasar dari semua aplikasi email yang mengintegrasikan Gmail di layanannya.

Satu hal yang bisa menjadi pertanyaan adalah tentang privasi, terutama atas informasi tambahan dari web yang ditempelkan pada email.

Well, saya tidak bisa membahas lebih lanjut karena memang belum mencoba aplikasi ini, sudah mengirimkan email, semoga saja Google menjawab ketertarikan saya atas Inbox ini secepatnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter