1. Startup

Google Tetapkan Biaya Pendaftaran Untuk Chrome Extensions Gallery

Google akan mulai menetapkan biaya pendaftaran bagi para pengembang yang ingin menempatkan produk mereka di galeri ekstensi Google Chrome. Seperti yang dijelaskan lewat blog mereka, Google akan menetapkan biaya pendaftaran sebesar $5.

Penetapan biaya ini dilakukan Google sebagai usaha untuk memberikan keamanan bagi ekstensi yang ada di galeri Chrome, menjaga pengguna dari ekstensi yang berbahaya, dan menyeleksi produk para pengembang, sehingga hanya produk yang benar-benar 'serius' saja yang akan masuk dalam galeri ekstensi Chrome.

Pendaftaran sebesar $5 ini hanya berlaku sekali ketika pengembang akan mendaftarkan produk mereka ke galeri ekstensi Chrome, baik itu ekstensi, themes dan nantinya juga akan berlaku bagi aplikasi. Biaya ini akan berlaku bagi para pengembang yang baru mendaftarkan diri mereka, sedangkan yang sudah terdaftar tetap bisa mengembangkan pembaruan atas ekstensi mereka atau menerbitkan ekstensi baru tanpa biaya pendaftaran.

Saat ini telah ada sekitar 6.000 ekstensi yang ada di galeri ekstensi Chrome, dan sekitar 10 juta ekstensi yang telah diunduh oleh pengguna Google Chrome setiap bulannya. Seperti yang dituliskan VentureBeat, ini masih jauh dari jumlah ekstensi yang dimiliki Firefox, yaitu sekitar 13.255 ekstensi, namun Firefox butuh lebih dari 6 tahun untuk mencapai hal ini, sedangkan Chrome baru secara resmi menerima ekstensi pada galeri mereka sekitar satu tahun kebelakang. Pertumbuhan yang cukup signifikan bagi galeri yang masih 'muda'.

Selain menetapkan biaya pendaftaran, dalam rangka memberikan pengamanan bagi para pengguna dan pengembang, Google juga menambahkan langkah lain yaitu verifikasi domain. Para pengembang nantinya bisa mengasosiasikan ekstensi mereka dan atau aplikasi mereka dengan domain yang mereka miliki atau mengaturnya menggunakan Google Webmaster Tools. Dengan langkah ini, nantinya menjadi jelas juga ekstensi mana yang menjadi ekstensi resmi dari suatu pengembang tertentu.

Penetapan biaya yang disebutkan diatas juga akan berhubungan dengan Chrome Web Store yang dikabarkan akan dirilis Google Oktober mendatang, dimana akan berkumpul berbagai aplikasi web, ekstensi dan themes pada satu tempat, yang bisa dipilih dan digunakan bagi para pengguna Google Chrome dan (mungkin) Chrome OS.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again