1. Startup

Hachiko HD, permainan favorit di iPad buatan TouchTen

Silakan cek iTunes Anda untuk melihat ranking sejumlah aplikasi unggulan. Untuk yang menggunakan iPad, di antara deretan Top Free iPad Apps [yang didominasi oleh permainan] pasti akan menemukan nama Hachiko HD Lite. Hachiko HD Lite sesungguhnya adalah karya anak negeri, yaitu TouchTen. TouchTen didirikan oleh Anton Soeharyo, Dede Indrapurna dan Rokimas P. Soeharyo. Hachiko HD terdiri dari versi gratis yang berisi 1 tema (Forest) dan versi berbayar [seharga US$ 1.99].

Gameplay-nya tidak jauh berbeda dengan permainan populer macam Angry Birds dan Cut The Rope. Setiap level, Anda diharuskan menyelesaikan tantangan untuk mendekatkan anjing [hachiko, dalam Bahasa Jepang] dengan kotaknya yang berisi tulang. Tentunya setiap level akan semakin susah, tapi Anda bakal mendapatkan bantuan seperti dinamit dan perangkat lainnya.

Tim TouchTen sendiri sebelumnya sudah sukses mengembangkan aplikasi Sushi Chain yang telah diunduh oleh lebih dari 2 juta pengguna iPhone di seluruh dunia dalam waktu kurang dari setahun. Nama Hachiko diambil sebagai ikon anjing setia karena para pengembangnya mendapat inspirasi permainan ini saat sedang menimba ilmu ke negeri Sakura tersebut.

Saat mencobai permainannya, saya akui tampilannya cukup smooth dan cukup bikin penasaran untuk meng-unlock level demi level. Satu-satunya hal yang "mengganggu" saya adalah setiap ingin berpindah dari level satu ke level lainnya, selalu ada loading di sisi kanan bawah. Saya tidak tahu apakah loading itu artinya ada yang diakses via Internet atau tidak, tapi saya harapkan bisa dihilangkan di pembaruan berikutnya.

Tak berbeda dengan Nightspade dengan permainan iOS-nya, buat saya permainan buatan TouchTen sangat menjanjikan, apalagi telah mendapat sambutan luas secara internasional. Tentunya tidak muluk-muluk jika suatu waktu nanti bakal ada aplikasi yang bisa benar-benar booming secara global, seperti Angry Birds, buatan pengembang Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again