Categories

Game

Hadiah Rp 600 Juta Lebih Menanti Para Jawara eSport Dalam Indonesia Games Championship 2018

Telkomsel: "Ajang ini merupakan salah satu usaha kami buat membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia."

Yoga Wisesa - 7 March 2018

eSport lahir tak lama setelah mode multiplayer di video game diperkenalkan. Itu berarti, usianya sudah sangat tua. Tapi baru beberapa tahun ini ranah olahraga elektronik dikenal secara lebih luas, terutama oleh khalayak umum, berkat prestasi dari para gamer di dalam dan luar negeri serta pengakuan pemerintah. Kini, turnamen-turname eSport dalam berbagai skala dilakukan secara konsisten.

Salah satu kejuaraan penting di tanah air dicetus tahun lalu oleh Telkomsel. Dan kali ini, sang penyelenggara sekaligus perusahaan operator jaringan mobile raksasa itu kembali menggelar Indonesia Games Championship. Ajang tahun 2018 ini disiapkan untuk menjadi 'kompetisi eSport terbesar di Indonesia'. Mereka menargetkan angka partisipasi peserta yang tinggi, serta turut menyiapkan prize pool yang tidak sedikit.

Tepat di tanggal 6 Maret kemarin, Indonesia Games Championship 2018 resmi dimulai. Konten dan game yang dipertandingkan telah memperoleh 'upgrade' serta modifikasi dibanding tahun lalu karena Telkomsel ingin menjamah para pemain dengan minat berbeda, di platform yang berbeda. Pemilihan judulnya diperbanyak, dan juga lebih disesuaikan dengan tren populer saat ini. Efek dari keputusan ini adalah, Clash Royale tak lagi dilombakan.

"Melalui IGC 2018, kami berupaya mewadahi komunitas gamer yang ada di Indonesia untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi seputar video game," ujar Direktur Marketing Telkomsel Alistain Johnston via rilis pers. "Ajang ini merupakan salah satu usaha kami buat membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia."

 

Lima game IGC 2018

Indonesia Games Championship 2018 mempertandingkan lima game, satu tersedia di Windows PC dan empat merupakan permainan mobile. Judul-judulnya meliputi: Dota 2, Vainglory, Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, dan Line Let's Get Rich.

Mungkin Anda penasaran mengapa Let's Get Rich muncul di sana. Menjawab pertanyaan seorang jurnalis terkait hal ini, Telkomsel menjelaskan bahwa game tersebut merupakan cara mereka 'merangkul kalangan gamer casual', demi mempersilakan mereka mencicipi serunya eSport.

Tidak ada mekanisme khusus dalam menentukan kelima permainan tersebut. Seorang perwakilan Telkomsel mengatakan pada saya, tim penyelenggara memilih judul-judul itu karena mereka sangat populer sekarang. Namun seperti di ajang sebelumnya, tidak menutup kemungkinan panitia akan mengubah permainan dan mempertandingkan judul lain di IGC berikutnya.

Konferensi pers kemarin dihadiri oleh masing-masing representasi publisher permainan, kecuali perwakilan dari Valve.

 

Target pengunjung dan puncak acara

Demi memikat calon peserta untuk ikut serta di Indonesia Games Championship 2018, Telkomsel telah menyiapkan total hadiah senilai lebih dari Rp 600 juta. Di tahun kedua ini, panitia sangat optimis bisa menarik 15 ribu pengunjung lebih buat berpartisipasi di sana. Sebagai perbandingan, IGC 2017 sukses menggaet 13 ribu pengunjung, lalu turnamen-turnamennya disaksikan oleh kurang lebih 246 ribu pasang mata via streaming.

Babak grand final IGC 2018 rencananya akan diadakan pada tanggal 20 sampai 22 April 2018, berlokasi di Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta.

 

Pendaftaran dan penyisihan

Gerbang registrasi online sudah dibuka sejak kemarin, dapat dilakukan melalui portal Dunia Games. Di sana Anda bisa melakukan pendaftaran tim atau me-redeem tiket, serta melihat jadwal acara. Agendanya dibuat fleksibel dan bisa berubah tanpa pemberitahuan, jadi Anda disarankan untuk mengeceknya secara berkala.

Babak kualifikasi juga digelar secara online, dilangsungkan pada bulan ini sampai April besok. Penyisihan disiapkan buat menyaring delapan tim terbaik di masing-masing permainan. Di sesi grand final, Telkomsel akan mengundang kembali para pemenang IGC 2017 dan MAXcited 2017 di delapan kota, serta mendatangkan tim-tim gamer profesional 'berskala internasional' - terdiri dari undangan khusus maupun finalis online qualifier wilayah Asia Tenggara.

 

Selain turnamen game

Di IGC 2018, pengunjung sudah pasti tidak cuma bisa menyaksikan pertandingan eSport saja. Anda dapat merasakan serunya bermain game-game virtual reality, permainan-permainan console serta arcade. Telkomsel juga mengadakan kompetisi cosplay (dapat diikuti secara single ataupun tim), serta kejuaraan fotografi (costume play maupun fun photo). Penilaiannya dilakukan oleh para juri mancanegara.

Selain itu, pengunjung juga akan dihibur oleh penampilan musik dari grup JKT48 serta sejumlah musisi lain. Konferensi pers kemarin sempat dimeriahkan oleh J-Rocks, namun belum diketahui apakah mereka akan kembali meramaikan acara puncaknya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter