HappyFresh Buka Kemungkinan Bawa “Konsep GrabFresh” di Platform Lain

HappyFresh Buka Kemungkinan Bawa “Konsep GrabFresh” di Platform Lain

Akan lanjutkan ekspansi ke wilayah Asia Tenggara, termasuk hadirkan GrabFresh ke Malaysia
HappyFresh umumkan tampilan baru / DailySocial
HappyFresh umumkan tampilan baru / DailySocial

HappyFresh mengungkapkan terbukanya kemungkinan membawa konsep GrabFresh ke platform lain, agar konsumen semakin mudah mengakses layanan groceries dari perusahaan. Rencana tersebut masih dimatangkan, sehingga belum ditentukan apakah bakal diterapkan di Indonesia atau di negara lain.

CEO HappyFresh Guillem Segarra menjelaskan, pendekatan partnership seperti dengan Grab ini akan memudahkan konsumen dalam mengakses layanan groceries dari aplikasi yang mereka pakai, tanpa harus mengunduh aplikasi HappyFresh. Untuk itu, perusahaan tengah mencari platform apa pun yang menawarkan berbagai solusi dan memiliki basis pengguna yang banyak.

“Kita percaya dengan pendekatan partnership dan sudah terbukti dengan Grab. Mereka sangat membantu kami dalam mendapatkan konsumen baru. Dari sini kami memutuskan untuk terbuka ke platform lain yang memiliki basis pengguna yang banyak,” terang Segarra, Rabu (3/7).

Adapun kabar terbaru dari GrabFresh, rencananya perusahaan akan membuka kehadirannya di Malaysia, Grab dan HappyFresh juga beroperasi di sana. Namun belum diputuskan kapan akan direalisasikan. Sejauh ini, GrabFresh telah hadir di Indonesia dan Thailand.

Segarra enggan menyebut kontribusi yang diberikan GrabFresh pasca peresmiannya. Tanpa menyebut angka detail, transaksi secara keseluruhan dikatakan selalu tumbuh double digit tiap bulannya sejak 18 bulan yang lalu.

Di samping itu, Segarra juga menyebutkan fokus perusahaan untuk ekspansi, baik lokasi baru maupun layanan groceries yang bisa menyasar berbagai segmen konsumen. Setidaknya dalam setahun ke depan, akan ada tambahan lokasi baru yang akan disasar perusahaan di tiga negara operasionalnya.

“Ada juga rencana untuk buka di negara baru, tetap dalam kawasan Asia Tenggara. Tapi kami masih belum tentukan.”

Sebagai pemain grocery delivery, HappyFresh kini menyediakan berbagai kebutuhan belanja mingguan lintas segmen. Tidak hanya supermarket saja, tapi juga bekerja sama dengan toko khusus yang menjual produk organik, kosmetik, kue, wine, bunga, dan makanan hewan.

Menurut Segarra, strategi ini diharapkan dapat menarik konsumen untuk terus berbelanja. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan mingguan mereka, juga menyediakan kebutuhan khusus yang tidak selalu dibutuhkan.

“Dari situ, kami ingin HappyFresh bisa hadir dan memenuhi semua kebutuhan konsumen.”

Resmikan tampilan baru

Di saat yang bersamaan, HappyFresh memperkenalkan wajah baru; baik logo, maskot, dan tampilan aplikasi; untuk menarik konsumen dari kalangan milenial. Fitur chat dalam aplikasi juga ikut disertakan, untuk memudahkan komunikasi antara konsumen dan shopper, terutama saat stok produk yang dipesan tidak tersedia.

Fitur ini juga dilengkapi dengan terjemahan otomatis yang berguna untuk konsumen yang hanya bisa berbahasa asing, saat ingin berhubungan dengan shopper. Dari segi layanan, terdapat peningkatan untuk peralatan antar, seperti kantong kemas termal untuk membawa produk beku dan dingin.

Disediakan pula kotak kardus atau tas biodegradable yang ramah lingkungan untuk mengirimkan barang pesanan konsumen. Peningkatan ini dimulai terlebih dahulu di Indonesia, kemudian diikuti Malaysia dan Thailand pada akhir tahun ini.

“Peningkatan integrasi dengan mitra supermarket juga kami lakukan, update stok lebih cepat, promosi dengan menawarkan harga yang terbaik untuk konsumen. Sebab pada dasarnya, teknologilah yang memungkinkan kami untuk menyelesaikan masalah di lapangan.”

Seluruh strategi di atas adalah rangkaian rencana perusahaan pasca mengumumkan perolehan pendanaan Seri C sebesar $20 juta pada April 2019, dipimpin oleh Mirae Asset-Naver Growth Fund, serta mitra strategis lainnya, seperti Line Ventures, Singha Ventures dan Grab Ventures.

Operasional HappyFresh di Indonesia tersebar di Jadetabek, Bandung, Surabaya, dan Malang. Untuk pengemudi dan shopper diklaim ada ribuan yang telah bergabung.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…