Lanskap healthtech kembali kedatangan pemain baru. Kali ini solusi diinisiasi Gorry Holdings, sebuah perusahaan yang fokus pada pengembangan layanan kesehatan berbasis analisis data, machine learning, dan big data. Di debut perdananya, mereka meluncurkan sebuah layanan aplikasi bernama Helopt (Health Optimized) di platform Android. Aplikasi ini berperan membantu masyarakat untuk mendokumentasikan dan mengevaluasi riwayat kesehatan mereka. Helopt menyajikan teknologi e-filing, membantu pasien dan tenaga medis membaca rekam medis yang telah tersimpan dalam bentuk digital.

“Helopt merupakan salah satu produk kami yang mengusung konsep one stop e-wellness solution. Kami mengembangkan aplikasi ini sebagai solusi untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan riwayat data kesehatan dalam jangka panjang,” ujar Founder & CEO Gorry Holdings William Susilo.

William menerangkan, pengguna hanya perlu mengunggah foto hasil pemeriksaan medis, resep dokter, pengeluaran rawat jalan dan inap serta dokumen lain yang terkait dengan riwayat kesehatan. Setelah diunggah, foto tersebut akan diterjemahkan ke dalam tabulasi data yang terbaca di dalam resume medis dan mudah diekstrak secara online. Apabila nanti dibutuhkan saat pemeriksaan, Helopt dengan mudah menunjukkan seluruh data berikut resume medis pasien per kasus penyakit atau kejadian melalui mobile apps tanpa harus repot mencari berkas fisiknya.

“Banyak orang yang tidak disiplin menyimpan hasil medisnya. Kalau pun sudah terdokumentasi dengan rapi, dari sisi kepraktisan cukup merepotkan apabila membawa setumpuk berkas untuk dibawa saat pemeriksaan,” imbuh William.

Data-data yang sudah diunggah akan disimpan ke dalam sistem Helopt sehingga pengguna cukup melakukan beberapa langkah praktis saat menunjukkan jejak medisnya ke dokter. Teknologi ini dinilai dapat meminimalkan risiko kehilangan dokumen penting seperti hasil laboratorium, resep obat, rontgen dan sebagainya. Terkait privasi, dalam laman Ketentuan Pengguna di situs Helopt disampaikan bahwa pihaknya memiliki sistem keamanan fisik, elektronik, dan prosedur manajerial sehingga memastikan informasi tidak disalahgunakan.

Dalam dunia kesehatan, rekam medis memiliki banyak nilai manfaat, seperti manfaat administratif, legal, finansial, riset dan juga pendidikan seperti dasar perincian biaya pelayanan kesehatan yang harus dibayar, penilaian risiko kesehatan pengguna di masa depan dan pemberian rekomendasi yang tepat sasaran untuk kualitas hidup yang lebih sehat.

Aplikasi Helopt dapat menghasilkan resume medis untuk keperluan second opinion yang dapat diekstrak berdasarkan kasus penyakit. Resume ini memuat pemakaian obat dan dosisnya, diagnosa dokter, riwayat rawat jalan atau inap, hasil pemeriksaan lab, bahkan riwayat imunisasi.

“Kami akan terus menyempurnakan Helopt ke depannya. Apa yang sudah dinikmati pengguna di bulan Februari ini nantinya masih akan dikembangkan lagi. Dan belajar dari pengalaman pribadi saat ayah saya meninggal karena komplikasi stroke, diabetes dan sejumlah gangguan organ setelah perawatan intens di tahun 2017 yang lalu, saya berharap publik bisa memetik manfaat dari keberadaan Helopt ini,” pungkas William.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.