1 February 2019

by Bambang Winarso

HMD Global dan Pixelworks Teruskan Kerjasamanya, Garap Layar Smartphone Berkualitas Tinggi

Kolaborasi sukses keduanya diawali dari Nokia 7.1

HMD Global, perusahaan peracik sekaligus pemegang lisensi Nokia mengumumkan kemitraan lanjutan dengan Pixelworks, penyedia terkemuka solusi pemrosesan visual hemat daya, demi menghadirkan layar dan video berkualitas tinggi ke smartphone Nokia di masa mendatang.

Kolaborasi antara keduanya disebut akan meningkatkan kualitas pengalaman ketika menonton video dan juga visual di smartphone Nokia generasi berikutnya. Pixelworks nantinya akan membenamkan teknologi pemrosesan layar paling inovatif untuk mencapai target tersebut. Memastikan smartphone Nokia berikutnya akan datang dengan teknologi yang sama yang ditampilkan oleh smartphone kelas menengah premium yang baru-baru ini digulirkan.

Produk garapan yang mengatas-namakan kedua perusahaan dimulai dari layar PureView yang diboyong oleh Nokia 7.1. Terbukti, kolaborasi itu disambut baik oleh publik. Teknologi PureView menjadi salah satu daya jual Nokia 7.1 di antara ramainya perangkat di kelas yang sama. Dan rupanya mereka ingin mengulanginya kembali.

Teknologi PureView menawarkan berbagai fitur di sisi visual, seperti pengalaman rentang dinamis yang tinggi, gerakan yang hidup, warna yang lebih tajam, kaya dan hidup, gambar dan video yang lebih tajam dan kejelasan yang lebih baik saat penskalaan dan kemampuan beradaptasi tinggi terhadap cahaya di sekitar. Paduan antara prosesor iris Pixelworks dan Snapdragon 636 berhasil menghadirkan keunggulan tersebut nyaris tanpa cela. Sampai saat ini tak banyak teknologi lain yang menyamainya.

Sayangnya baik HMD Global ataupun Pixelworks masih bungkam terkait perangkat apa yang akan menjadi garapan mereka selanjutnya. Tetapi sepertinya pilihan itu akan jatuh pada Nokia 9 PureView. Ini akan jadi kolaborasi perdana di tier flagship kendati segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Sumber berita Globenewswire / Pixelworks News