Masih rendahnya apresiasi dan standar gaji yang diterima perawat di Indonesia saat ini, merupakan salah satu alasan untuk Theresia Monica Lumban Gaol selaku CEO dan Alexander Horizon selaku Co-founder untuk mendirikan Homecare24, aplikasi online pertama di Indonesia yang menyediakan jasa home care dan perawat kesehatan bersertifikat.

Kepada DailySocial  Theresia yang sebelumnya mengambil pendidikan keperawatan, dan sempat bekerja di beberapa perusahaan e-commerce di divisi marketing, menjelaskan kondisi perawat serta caregiver saat ini yang masih kurang layak di tanah air.

“Kesejahteraan dari pekerjaan perawat ini sangatlah minim, sangat miris rasanya mengingat fakta bahwa masih ada perawat di luar daerah Jakarta memiliki gaji dibawah UMR, bahkan mirisnya dalam 1 bulan seorang perawat bisa hanya mendapat gaji sebesar Rp 500 ribu dari hasil kerja mereka dan bahkan masih banyak dari perawat dan caregiver yang mendaftar sebagai partner Homecare24 yang masih belum memiliki NPWP,” kata Theresia.

Homecare24 bukan hanya membantu para perawat dan caregiver, melainkan juga memberikan layanan kesehatan yang saat ini masih sedikit jumlahnya namun dibutuhkan oleh pasien atau orang sakit di Indonesia. Dengan ketersediaan layanan selama 24 jam, pengguna bisa memilih perawat dalam hitungan jam hingga jangka waktu yang cukup lama sesuai dengan kebutuhan dan langsung datang ke rumah.

“Saat ini Homecare24 mempekerjakan 100% pekerja Indonesia yang peduli tentang kesehatan di Indonesia. Diharapkan juga dengan adanya Homecare24 bisa membuat lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia,” kata Theresia.

Cara kerja dan pilihan pembayaran Homecare24

Hingga kini Homecare24 telah memiliki jumlah perawat dan caregiver sebanyak 800 orang, dengan transaksi dari bulan April hingga Juni yang telah mencapai Rp 300 juta. Untuk pendapatan yang bisa diperoleh perawat sendiri adalah berkisar Rp 7-12 juta.

Aplikasi Homecare24 saat ini sudah bisa diunduh di platform Android dan iOS. Setelah melakukan registrasi, pengguna bisa langsung memilih jenis perawat dan pilihan waktu yang diinginkan. Pilihan pembayaran yang tersedia adalah melalui transfer bank. Saat ini layanan Homecare24 hanya tersedia di kawasan Jabodetabek.

“Untuk layanan bulanan, tim Homecare24 akan melakukan observasi ke rumah calon pasien. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko yang dapat terjadi antara pasien dan perawat. Sehingga dalam satu bulan masa jabat perawat di rumah pasien, perawat akan merasa betah dan tidak merasa terintimidasi oleh pasien ataupun keluarga pasien,” kata Theresia.

Rencana Homecare24 di tahun 2017

Selain memperluas wilayah layanan ke kota-kota lainnya, Homecare24 juga akan menambah pilihan pembayaran yang bisa langsung dilakukan melalui aplikasi. Sementara untuk fitur-fitur lainnya di aplikasi akan lebih dioptimalkan untuk memudahkan pengguna. Homecare24 ingin menjadi pilihan utama jasa home care di Indonesia dan menjadi one stop solution di bidang health tech.

“Ke depannya, Homecare24 akan fokus untuk menyempurnakan jasa penyembuhan di rumah, dengan menghadirkan bukan hanya jasa perawat dan caregiver, tapi juga dokter, fisioterapi, terapi okupasi, midwife [bidan] di dalam aplikasi,” tutup Theresia.

Application Information Will Show Up Here