1. Startup

Honest Dilaporkan Kembali Terima Investasi dari Orico

Menurut data yang disetor ke regulator, Orico menggelontorkan investasi sebesar $18 juta (sekitar Rp278 miliar)

Honest Financial Technologies International (Honest Bank) dilaporkan kembali menerima investasi dari Orient Corporation (Orico). Mengutip Alternatives.pe, dari data yang telah disetor ke regulator investasi baru ini bernilai $18 juta (sekitar Rp278 miliar).

Dihubungi terkait hal ini, Direktur Utama PT Honest Financial Technologies Dharu Estiningrum tidak memberikan konfirmasi apapun. "Saya harus koordinasikan dulu dengan Orico ya," tuturnya lewat pesan singkat kepada DailySocial.id.

Sebelumnya, Honest Bank mendapatkan investasi strategis dari Orico pada Juni 2023 dengan nominal $2 juta (sekitar Rp30 miliar). Investasi ini disebut menandai debut Orico ke Indonesia dengan target peluncuran kartu kredit virtual Orico bersama Honest pada akhir 2023. Orico adalah perusahaan pembiayaan asal Jepang yang berdiri pada 1954.

Adapun, Honest Bank resmi beroperasi di Indonesia lewat anak usahanya PT Honest Financial Technologies dengan meluncurkan Honest Card, diklaim sebagai kartu kredit tanpa nomor (numberless) pertama di Indonesia. Aplikasi Honest telah diunduh lebih dari 500 ribu di Google Play Store.

Saat ini, Honest memiliki lisensi penyelenggara jasa pembayaran dari Bank Indonesia (BI). Selain itu, Honest juga terdaftar sebagai perusahaan pembiayaan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kartu kredit virtual merupakan salah satu alat pembayaran yang dapat digunakan untuk berbelanja tanpa memerlukan instrumen fisik. Sejumlah lembaga keuangan kini mulai menghadirkan kartu kredit virtual sebagai pendekatan untuk mendorong penetrasinya.

More Coverage:

Bank Mandiri menjadi salah satu bank yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan kartu kredit virtual melalui aplikasi banking Livin' Mandiri. Karena itu, potensi bisnis kartu kredit disebut masih sangat besar mengingat penetrasinya masih rendah.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia, bisnis kartu kredit perbankan di sepanjang semester I 2023 tumbuh 26,53% (YoY) menjadi Rp33,6 triliun. Adapun, jumlah kartu yang beredar mencapai 17,59 juta unit.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again