Categories

Gadget

HTC One (M8) Resmi Dirilis, Siap Duel dengan Samsung Galaxy S5

Bambang Winarso - 26 March 2014

HTC akhirnya resmi merilis jagoan baru lini produk HTC One, yang dibubuhi inisial baru bernama M8. Smartphone ini berbekal sejumlah amunisi baru seperti layar yang lebih lebar, piranti lunak yang lebih mumpuni dan yang tak kalah penting diperkaya fitur kamera baru.

Kiprah HTC sejak pertama kali terjun ke ranah smartphone cukup mengesankan meskipun tak istimewa, sampai kemudian perusahaan tersebut meluncurkan HTC One yang secara mengejutkan membubuhkan prestasi luar biasa sepanjang sejarah HTC.

Bicara spesifikasi, HTC One memang tak kalah dengan smartphone buatan vendor lain semacam Samsung. Meskipun mencari pangan di rumpun yang sama, HTC masih di bawah bayang-bayang raksasa Korea tersebut terutama dalam hal pangsa pasar. Diluncurkannya HTC One (M8) tentu menyimpan misi terpendam yang secara khusus menyasar Samsung sebagai kompetitor terberat mereka.

 

Info Menarik: Facebook Akan Beli Oculus Rift Seharga US$ 2 Miliar

 

HTC One (M8) memboyong sejumlah update dari segi fitur, dimensi dan juga desain, lebih jelas TRL akan ungkapkan satu persatu.

Perubahan paling ketara terlihat dari bagian ukuran layar dari sebelumnya hanya 4,7 inci kini diperbesar menjadi 5 inci dengan resolusi 1080p. Perubahan fisik lainnya terlihat dari ukuran bezel samping yang lebih ramping.

Dalaman HTC One (M8) kian mentereng dengan modal prosesor quad core Snapdragon 801 buatan Qualcomm yang mampu digedor hingga 2,3 GHz. Asupan RAM 2GB menjadi sisi baik lainnya yang tak boleh dilewatkan, termasuk tambahan memori 16GB dan 32GB dengan dukungan slot microSD hingga 128GB.

HTC One (M8) berjalan dengan Sistem operasi Android 4.4 KitKat, fitur-fitur koneksi seperti Bluetooth 3.0, NFC, WiFi 802.11ac dan IR Blaster tertanam untuk memberikan kenyaman bagi pengguna. Dua fitur istmewa HTC yakni HTC Sense dan HTCBlinkFeed menemani Android di dalam operasional perangkat.

 

Info Menarik: Tidak Mau Ketinggalan Momentum, ScoopNews Hadirkan Kanal Fitur Pemilu

 

Bagian kamera mendapatkan cukup banyak tambahan fitur, untuk kamera utama misalnya mendapatkan resolusi 4MP dengan sensor 1/3 inci, lensa 28mm dan bukaan f/2.0. Tak hanya itu, terdapat sebuah kamera tambahan yang terletak di atas kamera utama. Rancangan ini disebut Duo Camera, HTC mengklaim rancangan ini membuat perangkat mampu mengolah informasi dua kali lebih banyak dan lebih baik.

Duo Camera bekerja layaknya dua mata manusia yang secara bebas menangkap informasi jarak dan memberikan kelebihan kepada perangkat dan aplikasi untuk menerapkan efek ke hasil jepretan. Sementara itu kamera depan beresolusi 5MP dan juga dilengkapi lensa tambahan seperti halnya kamera belakang.

HTC membenamkan komponen baterai dengan kapasitas 2,600 mAh yang sebenarnya tak begitu istimewa, namun adanya tambahan fitur Power Saving Mode membuat perangkat ini mampu berjalan selama 30 jam hanya menggunakan 10% dari kapasitas total yang dimiliki oleh baterai.

Material HTC One (M8) baik bagian belakang maupun samping terbuat dari metal dan akan tersedia dalam tiga pilihan warna silver, emas dan abu-abu.

Smartphone terbaru besutan HTC ini sudah mulai dipasarkan di beberapa negara, dan secara bertahap akan menjamah tak kurang dari 230 operator di Eropa, Amerika Utara, Asia Pasifik, Tiongkok, Afrika dan Timur Tengah.Untuk Indonesia, seperti yang dikutip dari Detikinet, ponsel ini akan hadir awal Mei. Dari sisi spesifikasi sepertinya harga yang ditawarkan akan sesuai dengan segmen pasar, kemungkinan di atas 6 juta.

Di pasar, HTC One (M8) akan berduel dengan Samsung Galaxy S5 yang juga baru saja diumumkan beberapa waktu silam. Meski memiliki kelebihan di beberapa bagian, namun tak dapat dipungkiri Samsung masih cukup superior untuk dikalahkan dengan mudah.

Sumber berita GSMArena dan gambar header HTC.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter