26 January 2017

by Glenn Kaonang

HTC Tidak Berniat Merilis Smartwatch

Bocoran foto yang beredar adalah prototipe smartwatch yang sudah batal dilanjutkan sejak lama

Dari sederet produsen smartphone kelas flagship, cuma HTC yang belum pernah merilis smartwatch. Kedekatannya dengan Under Armour memunculkan spekulasi bahwa HTC akan meluncurkan smartwatch hasil kerja sama dengan brandfitness tersebut. Well, sepertinya semua ini tidak akan terjadi.

Meski belakangan beredar sejumlah foto bocoran yang dengan jelas menampilkan sebuah smartwatch Android Wear dengan logo HTC dan UA di belakangnya, HTC sendiri telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan merilis smartwatch, setidaknya dalam waktu dekat ini.

Berbicara kepada Tbreak, Chialin Chang yang menjabat sebagai President of Smartphones and Connected Device di HTC mengungkapkan bahwa mereka belum berhasil merancang produk yang tepat untuk segmen smartwatch. Beliau pun berargumen bahwa pasar smartwatch pada dasarnya tidak sebesar smartphone, bahkan Apple yang bisa digolongkan memimpin pun mengalami penurunan dalam hal penjualan smartwatch.

Kemungkinan besar foto bocoran yang beredar tersebut adalah prototipe smartwatch yang sudah batal dilanjutkan sejak lama. HTC pada akhirnya lebih memilih untuk tetap berfokus pada segmen smartphone lewat U Ultra dan U Play.

Bicara soal smartphone, Chialin Chang sempat menyebutkan bahwa Google Assistant nantinya juga akan tersedia di handset buatannya. Google pada dasarnya ingin supaya asisten virtual-nya tersebut bisa menyebar, dan mereka bisa terus menyempurnakannya dengan data-data yang dikumpulkan dari penggunaan konsumen.

Sumber: Pocketnow dan Tbreak.