15 November 2016

by Bambang Winarso

Huawei Mate 9 Pro Resmi Diumumkan, Lebih Mungil Tapi Tetap Bertenaga

Dibanding varian Mate 9, Huawei Mate 9 Pro punya layar lebih mungil tapi dengan resolusi lebih tajam dan prosesor yang sama

Awal November lalu Huawei meresmikan smartphone baru dari generasi Mate, yakni Mate 9 dan Mate 9 Porsche Design. Duet ini tak sesuai dengan sejumlah rumor yang menyebutkan bahwa Mate 9 bakal ditemani varian Pro. Tapi rasa kecewa itu terobati sudah menyusul peresmian ponsel yang diharapkan dalam sebuah event di Tiongkok baru-baru ini.

Jadi, apa perbedaan yang diboyong oleh Huawei Mate 9 Pro? Dikutip dari Playfuldroid, Mate 9 Pro mempunyai bekal layar yang lebih kecil yakni 5,5 inci. Tapi, resolusi yang dihadirkan jauh lebih tajam dengan panel quad HD AMOLED, bukan komponen LCD. Kita juga bakal menjumpai tepian melengkung seperti yang ditemukan di Galaxy S7 Edge ataupun ponsel β€œnaas” Galaxy Note 7.

Huawei juga memposisikan sensor sidik jari di bagian depan, bukan di bagian belakang seperti Mate 9. Menariknya panel navigasi on-screen masih tetap difungsikan sebagaimana sebelumnya.

Dalam hal jeroan, tak banyak perbedaan yang dihadirkan. Mate 9 Pro masih ditenagai chipset Kirin 960 dengan konfigurasi dual kamera di belakang (20MP plus 12MP), kamera depan 8MP, baterai 4.000mAh dan RAM sebesar 4GB untuk varian terendah.

Smartphone berbasis Android 7.0 Nougat ini tersedia dalam dua konfigurasi RAM dan memori. Varian pertama menggunakan kombinasi RAM 4GB dan memori 64BG yang ditawarkan seharga $686, sedangkan varian kedua menggunakan RAM 6GB dan memori 128GB dengan banderol $773. Penjualannya sendiri dimulai pekan ini di Tiongkok.