4 November 2016

by Bambang Winarso

Huawei Mate 9 Resmi Sudah, Ditenagai Kirin 960 dan Kamera Ganda Leica

Huawei Mate 9 menghadirkan konfigurasi kamera belakang ganda, 20MP plus 12MP.

Huawei akhirnya resmi memperkenalkan flagship terbarunya, Mate 9. Smartphone bongsor 5,9 inci yang dalam beberapa bulan terakhir meramaikan sejumlah media online ternama  dalam rumor dan spekulasi. Kini, Huawei Mate 9 resmi tiba menjawab semua kabar burung tersebut.

Layar

Huawei Mate 9 menawarkan jendela interaksi yang lega lewat penampang layar selebar 5,9 inci, sehingga banyak orang menamainya sebagai phablet, bukannya smartphone. Layar ini mempunyai resolusi 1080p (1920 x 1080 piksel) atau biasa disebut Full HD dan dengan kepadatan 373ppi.

Kamera

Komponen ini menjadi salah satu fitur yang paling menonjol di Huawei Mate 9. Seperti seniornya, Mate 9 diracik dengan konfigurasi kamera ganda di belakang. Dengan bertambahnya Mate 9, maka kini sudah ada tiga smartphone papan atas Huawei yang mengadopsi terknoloi serupa. Sebelumnya didahului oleh P9 dan Honor 8.

Dan di ponsel pintar ini, Huawei juga menggaet Leica untuk meracik kamera tersebut. Adapun konfigurasinya terdiri dari 20MP kamera monokromatik dan 12MP yang bertugas menjepret objek yang lebih berwarna. Sebagai tambahan, kamera juga punya kemampuan merekam 4K, 4-in-1 hybrid autofocus, phase-detect, depth, contrast detection dan dual LED flash.

Untuk bagian depan, Huawei memilih sensor 8MP dengan bukaan f/1.9 dan autofocus demi selfie yang sempurna.

Dapur Pacu

Benar apa yang spekulasikan selama ini. Huawei Mate 9 memang membawa chipset terbaru Huawei, Kirin 960 yang menawarkan daya gedor prosesor delapan inti yang disandingkan dengan grafis Mali G71 MP9 serta co-processor untuk menangangi sensor gambar dan gerak. Berkat komponen ini, Mate 9 dipastikan mendukung perangkat Daydream VR selain Google Pixel.

Baterai

Tak cuma mampu berlari kencang, Huawei Mate 9 juga dirancang untuk bekerja dengan lebih efisien. Itu sebabnya, Huawei mengklaim baterai sebesar 4.000mAh yang disematkan mampu bekerja dua hari dalam sekali isi ulang. Sebagai tambahan, Huawei juga memberikan kemampuan mengisi baterai super cepat sehingga untuk memperoleh seharian tenaga cukup disambungkan ke charger selama 20 menit.

Bekal sistem operasi Android 7.0 Nougat juga mendukung klaim Huawei. Kita tahu, OS terbaru Google tersebut memboyong generasi terbaru modus Doze yang dirancang untuk efisiensi perangkat.

Harga dan Ketersediaan

Huawei Mate 9 selain akan dirilis ke Tiongkok untuk pertama kalinya, juga bakal menyambangi beberapa negara seperti Prancis, Jerman, Jepang, Ialia, Kuwait, Malaysia, Plandia, Arab Saudi, Thailand, Spanyol dan UEA. Sejumlah negara lain dipastikan menyusul kemudian. Adapun harganya di kisaran $776 per unitnya.

Sumber berita Huawei.