14 November 2016

by Bambang Winarso

Masih Jauh dari Jadwal, Benchmark Huawei P10 Mejeng Duluan di GFXBench

Spesifikasi Huawei P10 sementara tak menghadirkan banyak peningkatan, tapi masih banyak waktu untuk ditingkatkan

Huawei tampaknya sedang menikmati masa-masa terbaik dalam kiprahnya di industri mobile. Flagship terkininya, P9 diklaim sudah terjual sebanyak 9 juta unit yang merupakan rekor tertinggi sepanjang kiprah flagship-nya sejak varian pertama. Ini menjadi salah satu indikasi bahwa P9 dapat diterima dengan baik di pasar global. Salah satunya berkat hadirnya konfigurasi dual kamera hasil kolaborasinya dengan Leica.

Huawei P9 sendiri sudah menjalani bulan ketujuh sejak dirilis pada bulan April lalu. Artinya, jika Huawei butuh 12 bulan sebelum merilis generasi terbarunya, maka kita mungkin akan segera melihat P10 lima bulan dari sekarang. Apalagi baru-baru ini muncul bocoran benchmark yang mengungkapkan spesifikasi Huawei P10, cikal bakal penerus P9.

Belum resmi memang, tapi dari bocoran ini kita bisa mendapatkan gambaran Huawei akan meracik flagship terbarunya ini.

Dalam bocoran benchmark, perangkat diwakili nomor model LON-L29 mempunyai layar 5,5 inci dengan resolusi QHD dan ditenagai chipset Kirin 960 yang mempunyai kecepatan clock 2,3GHz, RAM 6GB dan memori internal seluas 256GB.

Dibekali Android 7.0 Nougat, ponsel menggunakan kamera belakang 11MP yang mampu merekam video beresolusi 4K. Anehnya, benchmark tak menyinggung soal konfigurasi kamera ganda seperti di Huawei P9. Sementara kamera depan menggunakan sensor 7MP serta sejumlah sensor untuk berbagai keperluan.

Dari apa yang tersaji, spesifikasi ini terbilang tak banyak memberikan peningkatan ketimbang P9. Tapi Huawei masih punya banyak waktu untuk memikirkan apa saja yang harus ditingkatkan demi menjaga reputasi mereka.

Sumber berita Gizmochina, gambar header ilustrasi P9.