23 September 2016

by Glenn Kaonang

Leica Luncurkan Leica Q Edisi Khusus Indonesia, Hanya Tersedia Sebanyak 45 Unit saja

Dijuluki Leica Q Indonesia Edition 2016, mengemas grafir peta Indonesia yang sangat eksklusif

Mewah, elegan, serta ikonik, tidak heran apabila kamera buatan Leica kerap menjadi incaran para kolektor. Dipadukan dengan kualitas optik yang superior, wajar seandainya hampir semua fotografer mempunyai impian untuk memiliki kamera Leica.

Dilihat dari sudut pandang manapun, Leica memang terkesan lebih eksklusif dari brand lain, terutama karena harga kameranya yang mahal-mahal. Hal ini semakin diperkuat oleh kebiasaan Leica merilis edisi terbatas suatu model, dan Indonesia rupanya tidak luput dari perlakuan khusus semacam ini.

Tahun lalu, Leica Store Indonesia selaku distributor resmi Leica di tanah air meluncurkan kamera D-Lux (Typ 109) Indonesia Special Edition LE45. Tahun ini, mereka kembali membuat gebrakan dengan barang collectible lain berupa Leica Q Indonesia Edition 2016 yang didesain khusus untuk pencinta Leica di nusantara.

Secara spesifikasi, kamera ini tidak berbeda dengan yang dipamerkan di Leica Store Indonesia tahun lalu. Bodi compact-nya mengemas sensor full-frame 24,2 megapixel, yang didampingi oleh lensa Summilux 28mm f/1.7 ASPH untuk semakin meningkatkan kehandalan Leica Q di kondisi low-light.

Leica Q Indonesia Edition 2016 mengemas grafir peta Indonesia di panel atasnya / Leica Store Indonesia

Namun dalam edisi spesial ini, tampilan keseluruhannya jadi lebih spesial sekaligus stylish. Panel depannya dibalut material kulit dengan warna hijau safari. Dipadukan dengan strap kulit berwarna coklat, kekayaan alam yang dimiliki bumi tanah air semakin tersiratkan dari kamera ini.

Namun yang paling istimewa adalah kehadiran grafir peta Indonesia di panel atas kamera, tepat di bawah branding Leica Q, yang secara simbolis menggambarkan perjalanan Leica dalam mengabadikan beragam momen dan keindahan alam Indonesia.

Demi menjunjung tinggi aspek eksklusivitas, Leica Q Indonesia Edition 2016 hanya akan dipasarkan dalam jumlah yang amat terbatas, sebanyak 45 unit saja dan hanya bisa diperoleh di Leica Store Indonesia. Tidak ada info soal harganya, tapi yang pasti lebih mahal dari Leica Q standar dan pre-order akan dibuka mulai tanggal 1 Oktober mendatang.