2 January 2018

by Bambang Winarso

Boyong Tiga Kamera Utama, Penerus Huawei P10 Bakal Dinamai P20?

Desain P20 Pro paling berbeda, namun masih dengan tiga buah kamera utama

Tahun ini Huawei diharapkan bakal merilis flagship baru penerus P10, di mana banyak analis menduga akan diteruskan oleh model P11 mengingat sebelumnya pabrikan asal Tiongkok itu menggunakan nama P8 dan P9. Tetapi bocoran terbaru mementahkan semua prediksi. Datang dari Tiongkok, bocoran berupa gambar mengklaim bahwa seri P berikutnya bakal menggunakan nama Huawei P20. Jika akurat, maka varian pengikutnya bakal menjadi P20 Plus dan P20 Pro.

Selain soal nama, bocoran desain ini juga mengungkapkan salah satu kompone paling penting di P20, yaitu komponen kamera. Tampak jelas ketiga seri P20 mengadopsi tiga buah kamera utama meski dengan layout yang berbeda. Berdasarkan rumor terdahulu, Huawei disebut berencana menggunakan sensor 40MP dan juga hybrid zoom hingga 5x. Belum jelas, 40MP itu gabungan dari tiga sensor atau satu sensor beresolusi sebesar itu. Tapi, apapun kombinasi yang dipakai, di atas kertas resolusi ini sudah sangat mengesankan, bahkan jauh di atas resolusi flagship Samsung dan Apple.

Duo P20 dan P20 Plus tampak mempunyai wujud yang tak jauh berbeda, di mana sejumlah komponen penting menjadi sorotan, seperti sensor sidik jari yang terletak di depan, dan penampang layar yang sedikit berbeda. Sedangkan varian P20 Pro tampak menonjol dengan aspek rasio yang lebih tinggi, dan sensor sidik jari ditempatkan di belakang.

Soal jeroan yang dibawa, P20 dan P20 Plus memboyong chipset yang sama, yakni Kini 970. Sedangkan varian Pro menggunakan Kirin 974 yang relatif lebih baru. Kapasitas RAM ketiganya relatif sama, sebesar 6GB dan penyimpanan internal yang beragam dimulai dari kapasitas 64GB.

Ajang MWC 2018 kemungkinan besar bakal jadi panggung bagi Huawei P20 series. Tapi, sebelum ajang ini, Anda juga akan disuguhi banyak smartphone baru dari sejumlah pabrikan di ajang CES 2018 yang digelar lebih dulu.

Sumber berita Wccftech.