10 January 2017

by Bambang Winarso

Diresmikan Maret, Huawei P10 Masih Andalkan Kamera Leica?

Bocoran tanggal peresmian ini datang dari Huawei Consumer Business Group CEO, Yu Chengdong

Huawei P9 dan saudaranya, P9 Plus terbilang sukses di pasaran. Secara finansial, kesuksesan itu membuat Huawei untung besar. Tapi, di sisi lain memberikan tekanan kepada Huawei yang memikul ekspektasi tinggi untuk suksesornya, P10 dan P10 Plus. Namun sejauh ini, rumor justru mengatakan tak ada perubahan berarti di P10. Selain komponen layar baru dan fitur pengisian nirkabel, praktis tak banyak inovasi baru yang terdengar bakal jadi andalannya. Kabar terbaru kemudian menyebut bahwa Huawei P10 dan P10 Plus bakal diresmikan dalam waktu dekat.

Kabar ini datang dari Huawei Consumer Business Group CEO Yu Chengdong via PhoneArena yang menyebutkan peresmian P10 bakal digelar di bulan Maret atau April 2017. Bukan kejutan sebenarnya, sebab apabila berkaca pada rekam jejak flagship Huawei ini, maka bulan yang disebutkan di atas memang tepat dengan rentang waktu yang biasa dipilih oleh Huawei. Smartphone P9 sebelumnya juga diperkenalkan pada bulan April tahun lalu.

Dikutip dari PhoneArena, Huawei P10 kembali bakal menggandeng Leica untuk meracik bagian kameranya. Seperti di P9, kamera di P10 juga masih menggunakan konfigurasi sensor ganda di bagian belakang. Selain itu disebutkan pula soal kehadiran RAM sebesar 6GB dan chipset Kirin 960 bersama dengan grafis Mali-G71 MP8 yang menyempurnakan rangkaian jeroan di P10.

Tak datang sendirian, P10 juga diyakini bakal disusul oleh seri lebih murah bernama P10 Lite serta dua perangkat berkode Vicky dan Victoria yang disebut-sebut bakal meneruskan kiprah seri Nova. Sayang, tak banyak informasi yang bisa digali soal ketiga perangkat ini, begitu juga soal waktu peresmiannya.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header ilustrasi P9.