Hyperloop Transportation Technologies (HTT) tengah meneliti dan mengembangkan kapsul Hyperloop yang diharapkan bisa berjalan dengan kecepatan mencapai 1223 km/jam. Perusahaan yang telah mendirikan joint venture di Indonesia sebagai PT Hyperloop Transtek Indonesia telah memulai konstruksi kapsul Hyperloop dengan skala penumpang penuh di Spanyol. Rencananya teknologi ini akan masuk Indonesia pada tahun 2020.

Kapsul pertama ini merupakan puncak dari desain, riset, dan analisis yang dikerjakan selama tiga tahun. Konstruksi saat ini sedang berlangsung untuk segera diluncurkan pada awal 2018 di pusat R&D HTT yang terletak di Toulouse, Perancis.

Di Indonesia teknologi ini baru masuk tahap studi kelayakan dengan kontrak senilai US$2,5 juta. Perjanjian Hyperloop pertama di Asia Tenggara ini menandakan eksplorasi segera kelayakan sistem Hyperloop di Indonesia dengan fokus utama pada Jakarta, dan eksplorasi penuh transportasi hyperloop yang menghubungkan Jawa dan Sumatera.

“Kami sedang membangun kapsul Hyperloop dengan penumpang berskala penuh pertama di dunia Kami sedang mencoba pendekatan pertama dengan penumpang untuk menjamin bahwa keamanan selalu menjadi hal yang paling penting bagi kami. Ini telah menjadi hal yang krusial dalam pengembangan untuk melewati syarat-syarat sederhana dari kargo dalam upaya untuk menciptakan sistem yang lebih baik dan aman bagi semua orang,” ujar CEO HTT Dirk Ahlborn.

Kapsul HTT ini dibangun dengan kolaborasi bersama Carbures S.A., sebuah perusahaan berpengalaman dalam bidang rangka pesawat dan bahan konstruksi utamanya di sektor aeronautika dan aerospace.

“Hal ini merupakan proyek yang sangat menarik karena memanfaatkan berbagai keahlian kami dan teknologi di seluruh dunia. Kami sangat senang untuk bekerja pada proyek inovatif, global, dan penting ini,” terang Co-Founder dan Chairman Carbures S.A. Rafael Contreras.

Menurut Chairman Hyperloop Transtek Indonesia Dwi Putranto Sulaksono dalam wawancara terdahulu, implementasi awal hyperloop di Indonesia akan berkutat di interkoneksi kota dan bandara untuk beberapa kota di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.