1. DScovery

ICT Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contoh Penerapan dalam Berbagai Bidang

ICT memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Perkembangan teknologi membawa berbagai perubahan dan perbaruan bagi kehidupan kita. Hampir seluruh bidang kehidupan tidak terlepas dari penggunaan ICT.

ICT sendiri merupakan kepanjangan dari Information and Communication Technology atau yang biasa kita kenal sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Lantas, apa yang dimaksud dengan ICT? Nah, artikel ini akan membahas pengertian, Manfaat dan penerapan ICT dalam berbagai bidang.

Pengertian ICT

Menurut UNESCO, Information and Communication Technology (ICT) adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Umumnya, ICT mencakup komputer, internet, telepon, televisi, radio, dan peralatan audiovisual lainnya.

ICT meliputi dua aspek, yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sementara teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lain.

Manfaat ICT

Pada dasarnya, ICT memiliki fungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia melalui implementasi teknologi dan sistem informasi.

Adapun beberapa tujuan penggunaan ICT, di antaranya:

  1. Peningkatan kualitas produk dan layanan.
  2. Dalam dunia pembelajaran, ICT dapat mempercepat dan mengefektifkan proses belajar mengajar.
  3. Meningkatkan efisiensi.
  4. Meningkatkan kualitas dan produktifitas SDM.

Contoh Penerapan ICT

Karena memiliki banyak manfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia, kini ICT telah banyak diterapkan di berbagai bidang. Berikut adalah beberapa bidang yang telah menerapkannya, antara lain:

1. Manajemen Data

Manajemen data merupakan proses mengumpulkan, mengatur, dan menyimpan data dalam jumlah besar untuk keperluan analisis dan keputusan yang menyangkut bisnis. Dalam bidang ini, ICT diterapkan dalam pengelolaan database dan perangkat lunak untuk mengelola data agar dapat dengan mudah dimengerti.

2. Desktop Publishing

Desktop publishing merupakan pembuatan dokumen untuk halaman web, kartu pos, brosur, kartu nama, dan lain sebagainya. Desktop publishing menerapkan ICT berupa perangkat lunak untuk membuat tampilan visual yang menarik pelanggan.

3. Word Processing

Word processing merupakan kegiatan mengolah kata dengan menggunakn perangkat lunak khusus pada komputer. Selain untuk mengetik, word processing juga berkaitan dengan kegiatan yang melibatkan pengorganisasian data dan penyajian data menggunakan alat bantu visual dengan pembuatan tayangan slide.

4. Organisasi

Penerapan ICT di bidang organisasi meliputi pengelolaan jadwal secara digital, mengatur file agar mudah diakses, dan menggunakan teknologi untuk mendapatkan efisiensi kerja yang lebih baik.

5. Manajemen Media Sosial

More Coverage:

Manajemen media sosial adalah proses mengumpulkan informasi dari audiens media sosial untuk keperluan tertentu. Data yang didapat dari media sosial dapat memberikan informasi untuk membantu perusahaan dalam membuat strategi yang tepat dalam bidang pemasaran.

6. Penelitian

ICT juga dapat diterapkan dalam penelitian, terutama pada proses pengumpulan informasi atau data menggunakan internet. Berberapa hal yang tercakup di dalamnya meliputi survei secara online, wawancara online, dan pengumpulan data metrik.

Selain beberapa contoh di atas, ICT juga diterapkan pada bidang pendidikan, seperti buku elektronik dan metode e-learning. Dengan penggunaan ICT, proses pembelajaran yang rumit bisa menjadi lebih mudah dan menarik. Selain itu, ICT juga sangat berguna karena mampu diaplikasikan ke berbagai bidang tanpa terkendala tempat dan waktu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again